OJK Kunjungi Baitul Mal Aceh

Banda Aceh – Serombongan perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pusat mengunjungi Baitul Mal Aceh, Selasa (19/5). Kedatangan tamu dari Jakarta tersebut untuk mengetahui lebih jauh salah satu program Baitul Mal Aceh tentang zakat produktif bantuan modal usaha.

Kehadiran mereka disambut Kapala Baitul Mal Aceh dalam hal ini diwakili Kabid Pendistribusian dan Pendayagunaan, Rizky Aulia, Kabid Perwalian, Putra Misbah dan beberapa Kasubbid lainnya di ruang kepala Baitul Mal Aceh.

Riski menjelaskan, zakat produktif ini merupakan salah satu program Baitul Mal untuk pemberdayaan masyarakat miskin. Mustahik diberi pinjaman bantuan modal usaha tanpa bunga. Dana itu diberikan bergilir kepada mustahik.

Besaran bantuan yang diberikan mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 10 juta per mustahik. Bantuan ini diberikan sampai mustahik menjadi muzakki. Dengan adanya bantuan ini katanya dapat meminimalisir retenir yang ada di Aceh.

Dengan hadirnya program ini, masyarakat sendiri menyambut baik karena sudah dapat membantu meningkatkan ekonomi warga. Bahkan ada yang sudah mampu mengkuliyahkan anak-anaknya. Sehingga program ini terus dipertahankan sampai mereka mampu membayar zakat ke Baitul Mal.

Pihak OJK sendiri sangat apresiasi atas langkah berani yang dilakukan Baitul Mal dalam memproduktifkan uang zakat. Pihaknya siap menjadi pendamping dan menjadi konsultan jika diperlukan Baitul Mal. []