Sampai Juli, BMA Sudah Salurkan 1,9 M ZIS Produktif

Sampai Juli, BMA Sudah Salurkan 1,9 M ZIS Produktif

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh (BMA) melalui unit Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) Produktif telah menyalurkan modal usaha bergulir kepada petani dan pedagang yang fakir miskin sebesar Rp1,9 Milyar. Dana sebesar itu disalurkan sejak Mei hingga Juli 2015 kepada 332 mustahik Baitul Mal Aceh yang dinilai layak mendapatkan bantuan tersebut.

Kepala Baitul Mal Aceh Dr Armiadi Musa MA mengatakan dana tersebut disalurkan secara bertahap. Baitul Mal Aceh terus menyalurkan pada tahap-tahap selanjutnya untuk dana bergulir. Sedangkan untuk mustahik baru akan disalurkan pasca lebaran Haji, karena sedang dalam proses verifikasi.

“Sedangkan untuk mustahik baru, masih dalam proses verikasi bidang pengawasan, setelah selesai semua maka akan disalurkan lagi,” kata Armiadi.

Ia menyebutkan lagi, selama ini untuk zakat produktif Baitul Mal memiliki lebih seribu mustahik. Dana bergulir ini diberikan kepada mereka yang memiliki keinginan membuka usaha dari keluarga miskin.

Armiadi Menjelaskan dana yang diberikan berbeda-beda jumlahnya, mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 10 juta, tergantung kebutuhan dan kedisiplinan saat mengembalikan modal usaha bergilir tersebut.

“Usaha untuk sektor pertanian seperti, petani sayur-sayuran, petani bayam, kangkung, cabai, sawi, daun sop dan lain-lain. Pada umumnya mereka berdomisi di Kecamatan Darussalam dan Kuta Baro, Aceh Besar, jadi mereka layak mendapatkannya,” ujar Armiadi.

Sedangkan untuk sektor perdagangan, pada umumnya mereka meminjam modal usaha untuk keperluan usaha jualan kue, kios kelontong, jualan Mie Aceh, jualan nasi, ikan dan ayam, tukang kunci, tukang pangkas, jual pulsa, jual sayur mayur dan beberapa jenis usaha mikro lainnya yang bermanfaat. besaran modal yang diberikanLKMS mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 10 juta.[]