Baitul Mal Latih 29 Pemuda Ketrampilan Komputer

Baitul Mal Latih 29 Pemuda Ketrampilan Komputer

Banda Aceh – Sebanyak 29 pemuda-pemudi yang berasal dari Kota Banda Aceh dan Aceh Besar lulus verifikasi Baitul Mal Aceh untuk dilatih ketrampilan komputer. Para peserta yang lulus merupakan mereka yang putus pendidikan dan tidak memiliki pekerjaan.

Kepala baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa MA mengatakan selama pelatihan mereka akan diajarkan kemampuan beberapa program yang berkaitan dengan perakitan komputer, design grafis, pemograman desktop, dan pemograman mobile.

“Baitul Mal tidak hanya memberikan bantuan konsumtif yang habis pakai, tapi dalam mengurangi kemiskinan di Aceh kita juga melatih para pemuda-pemudi yang putus pendidikan untuk memiliki skil, sehingga mereka mampu bersaing di dunia kerja,” ujar Armiadi saat breafingdengan para mustahik penerima bantuan program ini.

Ia menambakhan, usai mengikuti pelatihan, mereka bisa mendapatkan pekerjaan dengan skill yang mereka miliki. Sehingga, mereka tidak lagi menjadi mutashik (penerima zakat) walaupun mereka belum menjadi muzakki (pembayar zakat).

“Setidaknya mereka sudah memiliki penghasilan sendiri, dapat membantu orang tua dan lebih baik lagi jika mereka sudah mampu membayar zakat, memang itu yang kita harapkan yaitu mentransformasi mustahik menjadi muzakki,” jelasnya.

Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 16 hari yang dimulai pasca Idul Adha. Untuk program ini sumber dana yang digunakan adalah dari zakat, oleh karena itu para peserta kita minta agar serius mengikutinya, karena yang diberikan kepada mereka untuk membiayayi pelatihan tersebut adalah dana ummat dari senif ibnu sabil.

Ada pun ke empat program yang akan mereka pelajari yaitu pertama perakitan komuputer. Untuk jurusan ini peserta akan dilatih agar mampu memahami jalannya sistem komputer/laptop, terutamaan dalam pengunaan saat mengalami trouble.

Yang kedua yaitu design (adobe corel draw). Peserta diajak mampu mengekspresikan ide melalui design, membuat logo,  menggambar icon dan beberapa keahlian lain yang berhubungan dengan design.

Sedang yang ketiga yaitu pemograman desktop (visual basic.net). Jurusan ini dilatih mampu mengalisa sistem yang berjalan secara manual dan diimplementasikan ke dalam bentuk pemograman komputerisasi berupa aplikasi desktop menggunakan pemograman visual basic seperti aplikasi pendataan, penjualan dan aplikasi client server.

Dan yang terakhir yaitu penggunaan mobile (java/android). Nah, untuk jurusan ini sangat menarik yaitu peserta diajarkan membuat project pertama user interface (UI), mengerti tentang konsep actifity android, widged di android dan pembuatan database di android.[]