BMA Verifikasi 700 Calon Mustahik ZIS Produktif Baru

BMA Verifikasi 700 Calon Mustahik ZIS Produktif Baru

Banda Aceh –  Baitul Mal Aceh kembali memverifikasi terhadap calon mustahik Program Zakat, Infak Sedeqah (ZIS) Produktif baru. Untuk 2015, Baitul Mal Aceh telah menerima 700 lebih berkas calon mustahik sejak awal tahun. Baitul Mal Aceh menurunkan empat tim untuk memverifikasi calon mustahik ini.

Tim verifikasi akan melihat dan memilih mustahik mana saja yang memenuhi kriteria miskin dan layak mendapatkan bantuan modal usaha. Tim juga akan memeriksa usaha-usaha yang dimiliki para calon mustahik. Selain itu juga akan melihat kejujuran si mustahik.

Program pemberian modal usaha kepada masyarakat miskin ini merupakan salah satu program unggulan Baitul Mal Aceh setiap tahunnya. Dana yang diberikan berbeda-beda jumlahnya, mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 10 juta, tergantung kebutuhan dan kedisiplinan saat mengembalikan modal usaha bergilir tersebut.

“Usaha untuk sektor pertanian seperti, petani sayur-sayuran, petani bayam, kangkung, cabai, sawi, daun sop dan lain-lain. Pada umumnya mereka berdomisi di Kecamatan Darussalam dan Kuta Baro, Aceh Besar, jadi mereka layak mendapatkannya,” ujar Kepala BaituL Mal Aceh Dr Armiadi Musa MA

Sedangkan untuk sektor perdagangan, pada umumnya mereka meminjam modal usaha untuk keperluan usaha jualan kue, kios kelontong, jualan Mie Aceh, jualan nasi, ikan dan ayam, tukang kunci, tukang pangkas, jual pulsa, jual sayur mayur dan beberapa jenis usaha mikro lainnya yang bermanfaat. besaran modal yang diberikan Baitul Mal mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 10 juta.[]