BMK Diajak Ciptakan Program Unggulan

BMK Diajak Ciptakan Program Unggulan

Bener Meriah – Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat tehadap Baitul Mal Kabupaten/Kota (BMK), hendaknya setiap Baitul Mal menciptakan program-program unggulan. Dengan program tersebut dapat memberi manfaat bagi msayarakat. Sehingga akan berefek pada peningkatan penerimaan zakat itu sendiri.

Hal demikian disampaikan Kepala Baitul Mal Aceh (BMA), Dr Armiadi Muda MA saat menjadi salah satu pemateri pada BIMTEK BMK Bener Meriah, Rabu (30/9).

Armiadi menjelaskan potensi zakat pada setiap BMK harus digali dengan serius, baik yang bersumber dari instansi pemerintah daerah maupun instansi vertikal seperti, TNI, Kepolisian, Kementian, BUMN dan instansi-instansi swasta lainnya.

“Amil harus menyiasati semua potensi yang ada untuk peningkatan penerima zakat, sehingga jumlah zakat bertambah dan pendayagunaan terus meningkat,”ujar Armiadi.

Selain itu Armiadi menambahkan Baitul Mal harus membuat tim sosialisasi dan fundraising yang baik untuk beraudiensi dan sosialisasi terhadap lembaga pemerintah dan swasta. Sehingga tercapai semua yang menjadi harapan Baitul Mal.

Tambahnya lagi, untuk regulasi tambahan sedang dibahas dalam qanun di DPR Aceh untuk untuk melegalkan penerimaan zakat demi menghindari khilafiah. Begitu juga dengan status Badan Pelaksana (Bapel) akan diperkuat dan diproteksi agar amil tidak was-was dalam berkerja.

“Jika selama ini ada BMK yang mendapatkan banyak prestasi, jangan berpuas diri, tapi terus ditingkatkan, semakin baik Baitul Mal, maka semakin banyak yang membayar zakat.”tutupnya.[]