800 Anak Yatim Terima Bantuan Baitul Mal Aceh

800 Anak Yatim Terima Bantuan Baitul Mal Aceh

Banda Aceh –  Sebanyak 800 anak yatim yang masih duduk di bangku SD dan SLTP di Banda Aceh dan Aceh Besar mendapatkan Bantuan Peralatan Sekolah dari Baitul Mal Aceh tahun 2015. Bantuan ini diberikan agar dapat memotivasi anak-anak yatim yang miskin dalam menuntut ilmu.

Bantuan tersebut berupa uang dan voucher belanja dengan nilai keseluruhan Rp 750 ribu per anak yatim. Dari jumlah tersebut dapat dirincikan Rp 200 ribu untuk berupa voucher belanja perlengkapan sekolah seperti tas, buku, dan ATK, Rp 250 ribu voucher untuk belanja seragam sekolah seperti tas, baju seragam, kaos, topi, dan uang cash Rp 300 ribu sebagai santunan.

Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa MA mengatakan program ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap anak yatim. Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban mereka dalam menempuh pendidikan.

“Sehingga kebutuhan anak yatim untuk keperluan pendidikan dapat terpenuhi, karena kebutuhan mereka adalah tanggungjawab kita bersama,” ujar Armiadi.

Ia menjelaskan, bantuan tahun ini sedikit meningkat dari segi anggaran dibanding tahun 2013. Pada 2013 setiap anak yatim mendapatkan 700 per anak, sedangkan 2015 Baitul Mal menggarkan 750 ribu per anak yatim untuk 800 orang. Hal itu disebabkan setelah disurvei ke pasar bahwa harga barang sudah naik.

Adapun perekrutan mustahik untuk progam ini melalui data yang diberikan kepala desa. Namun data tersebut diverifikasi kembali oleh tim dari Baitul Mal Aceh kelayakan mustahik.

“Semakin banyak muzakki yang membayar zakat ke Baitul Mal Aceh, maka semakin banyak pula anak yatim yang dapat kita bantu.” Tutup Armiadi. []