BMA Terima Rombongan Studi Banding dari BAZNAS Kuantan Singingi Riau

BMA Terima Rombongan Studi Banding dari BAZNAS Kuantan Singingi Riau

Banda Aceh –  Baitul Mal Aceh (BMA) menerima kunjungan studi banding dari BAZNAS Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, Jumat (04/12) di kantor BMA.

Rombongan yang terdiri atas 26 orang tersebut diketuai Kepala BAZNAS Kabupaten Kuantan Singingi, Ir H Liusman Shaleh, MT diterima langsung Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa MA didampingi Kepala Sekretariat, T Sulaiman SE.

Ada banyak hal yang dibaha dalam kunjungan silaturrahim tersebut, salah satunya tentang pengelolaan zakat dan kelembagaan Baitul Mal itu sendiri yang dianggap sukses beberapa waktu lalu mendapat award dari Kemenag RI kategori manajemen kelembagaan terbaik.

Pada kesempatan rersebut Armiadi menjelaskan di Baitul Mal Aceh ada unsur dalam mengelola harta agama yaitu Badan Pelaksana, Dewan Pertimbangan Syariah (DPS) dan Sekretariat. Ketiga unsur itu memiliki peran masing-masing.

Selain itu, di Baitul Mal Aceh ada banyak program-progam unggulan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti telah membangun lebih dari 1.000 rumah, memberi modal usaha produktif, santuan fakir uzur seumur hidup, beasiswa penuh kepada anak-anak fakir miskin dan masih banyak program lainnya.

Armiadi menambahkan, zakat di Aceh masuk ke dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) artinya pemerintah berperan penuh dalam pengelolaan zakat. Pendapatan zakat itu sendiri di Aceh setiap tahun semakin meningkat, apalagi ditambah dengan dana infaq yang juga lebih besar dari dana zakat.

Setelah sesi tanya jawab, di akhir pertemuan dilakukan penyerahan cendera mata dari Aceh dan dari BAZNAS Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.[]