24 BMG di Banda Aceh dan Aceh Besar Terima Bantuan Modal Usaha

24 BMG di Banda Aceh dan Aceh Besar Terima Bantuan Modal Usaha

BANDA ACEH – Kepala Baitul Mal Aceh (BMA), DR. H Armiadi Musa MA, secara simbolis menyerahkan dana bantuan modal usaha untuk 24 Baitul Mal Gampong (BMG) yang dilaksanakan di Aula BMA (16/12).

Armiadi mengatakan jumlah BMG yang menerima dana Bantuan Modal Usaha tahun 2015 sebanyak 24 gampong, yang tersebar di Banda Aceh dan Aceh Besar.

“Penyaluran dana BMG 2015 sebesar Rp 30 juta/gampong sehingga totalnya 720 juta dilakukan setelah semua persyaratan yang dibutuhkan untuk pencairan dana itu selesai didata dan diverifikasi langsung oleh BMA secara bertahap,” ujarnya.

Untuk itu, kata Armiadi, masing-masing gampong harus sudah menyerahkan dokumen yang diperlukan seperti SK pembentukan BMG serta dokumen lain yang dibutuhkan.

Tujuan dari pemberian modal usaha ini kepada BMG adalah untuk memberikan stimulus kepada BMG agar dapat aktif dan dapat ikut peran serta membantu BMA atau Baitul Mal Kabupaten / Kota lainnya sehingga tujuan bersama dapat tercapai yaitu mensejahterakan masyarakat miskin.

Dana ini nantinya akan dikelola oleh BMG sendiri, sedangkan BMA akan mengawasi dan diharapkan dapat memotivasi gampong penerima untuk berbuat yang terbaik dan maksimal lagi dalam mengimplementasi program BMG yang telah direncanakan dan disepakati bersama.

Dalam pertemuan ini juga, perwakilan BMG diberikan arahan oleh BMA dalam pelaksanaan kegiatannya sampai hingga penyusunan laporan sehingga terwujud visi yang sama yaitu Baitul Mal yang kredibel, amanah dan transparan.