608 Warga Miskin Terima Zakat Rp 1,6 M untuk Pembelian Alat Kerja

608 Warga Miskin Terima Zakat Rp 1,6 M untuk Pembelian Alat Kerja

BANDA ACEH – Baitul Mal Aceh menyalurkan zakat bantuan alat kerja sebesar Rp 1,6 miliar lebih kepada 608 warga miskin. Penyerahan zakat tersebut berlangsung di Kantor Baitul Mal Aceh, Kompleks Keistimewaan Aceh Jalan T Nyak Arief, Banda Aceh, Jumat (18/12).

“Penyerahan zakat ini sudah melalui proses pendataan dan verifikasi yang ketat. Bantuan diberikan sesuai permintaan para mustahik yang akan digunakan untuk membeli peralatan kerja,” kata Kepala Baitul Mal Aceh, Dr H Armiadi Musa MA, dalam sambutannya pada acara tersebut seperti disebutkan dalam rilis yang diterima Serambi, kemarin.

Bantuan alat kerja ini, kata Armiadi Musa, diberikan dalam bentuk uang tunai kepada 608 masyarakat miskin. Mereka terbagi dalam beberapa sektor, yaitu sektor perdagangan, pertanian, perbengkelan, pertukangan, dan industri rumah tangga, dengan total dana zakat Rp 1.648.296.000.

Baitul Mal Aceh, tambah Armiadi, akan melakukan monitoring untuk memastikan apakah mustahik membeli peralatan kerja sesuai permintaan yang diajukan atau tidak. Para mustahik tersebut juga dilarang menjual alat-alat kerja yang dibeli dengan dana zakat yang mereka terima.

Program bantuan alat kerja ini merupakan salah satu dari program unggulan Baitul Mal Aceh yang dilaksanakan sejak 2013. Tujuannya membantu masyarakat miskin yang memiliki skill, agar bisa menjalankan usaha sesuai keahliannya. Jika usahanya berjalan, tentu bisa meningkatkan pendapatan keluarga miskin tersebut.(saf)