BMA Kembali Buka Pendaftaran Beasiswa Tahfidz Qur’an

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh (BMA) kembali membuka pendaftaran Beasiswa Penuh Tahfidzul Qur’an untuk tingkat SLTP dan SLTA tahun 2016. Pendaftaran sudah dibuka mulai 10-20 Maret 2016.

Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa MA mengatakan beasiswa penuh ini rutin diberikan setiap tahun kepada generasi muda yang berkeinginan menghafal Qur’an tapi tidak punya biaya.

“Tujuan kita untuk memotivasi anak-anak Aceh dari keluarga msikin untuk melanjutkan pendidikan. Disamping itu juga untuk menumbuhkan semangat menghafal serta melestarikan budaya hafal Al-Quran dalam masyarakat. Sehingga Al-Quran yang menjadi kitab suci umat Islam tersimpan dalam memori-memori generasi Aceh ke depan,” kata Armiadi, Senin (14/03).

Selain itu katanya, program ini sudah dimulai sejak 2012. Setiap tahun terus ditambah kuota untuk beasiswa ini. Hingga 2015 kemarin khusus untuk program ini Baitul Mal Aceh telah menyekolahkan 79 santri, dengan rincian 36 orang untuk tingkat SLTP dan 43 untuk tingkat SLTA.

Ia menambahkan, untuk tahun ini Baitul Mal menyediakan kuota sebesar 40 orang, dengan rincian 20 orang untuk tingkat SLTP dan 20 orang untuk SLTA. Semua pendaftar akan diverifikasi terlebih daluhu oleh tim Baitul Mal Aceh, setelah lulus mereka nantinya akan dimasukkan ke pesantren tahfidz yang telah direkomendasikan.

Adapun yang menjadi kriteria dari program beasiswa ini antara lain berasal dari penduduk miskin berdomisili di Banda Aceh dan Aceh Besar (dibuktikan dengan KTP dan KK), mampu membaca Qur’an dengan baik dan benar, lulus ujian nasional, lulus verifikasi Baitul Mal Aceh, diutamakan siswa prestasi, mengisi formulir dan bersedia ditempat pada pesantren yang dituju Baitul Mal Aceh.

Sedang untuk persyaratan, calon penerima beasiswa harus melampirkan surat keterangan miskin dari geuchik, fotocopi rapor dan ijazah terakhir, fotocopi NISN, fotocopi Kartu Keluarga, Fotocopi KTP orang tua/wali, pasphoto 3×4 warna 3 lembar. Berkas dapat diantar langsung ke kantor Baitul Mal Aceh Jln. T. Nyak Arief (Komplek Keistimewaan Aceh).

Untuk informasi dan registrasi dapat menghubungi Call Center Baitul Mal Aceh: 08116895050, serta dapat mengunduh formulir di website Baitul Mal Aceh di www.baitulmal.acehprov.go.id. []

 

Kriteria dan syarat yang harus dipenuhi oleh para calon penerima beasiswa ini sebagai berikut:

Kriteria Calon Penerima Beasiswa

  1. Berasal dari keluarga miskin
  2. Berdomisili di Aceh Besar dan Banda Aceh
  3. Mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar
  4. Lulus Ujian Nasional
  5. lulus verifikasi Baitul Mal Aceh
  6. Diutamakan yang berprestasi
  7. Sehat jasmani dan rohani
  8. Bersedia mengikuti/melanjutkan pendidikan di pesantren/dayah tahfidz yang direkmendasi Baitul Mal Aceh

Kelengkapan syarat

  1. Surat keterangan miskin dari keuchik gampong
  2. Fotocopy rapor/ijazah terakhir
  3. Fotocopy KTP orang tua/wali
  4. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  5. Pasphoto 3×4 sebanyak 3 lembar
  6. Mengisi formulir yang disediakan