Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an BMA Mulai Diverifikasi

Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an BMA Mulai Diverifikasi

Baitul Mal Aceh (BMA) telah membuka beasiswa tahfidz Al-Qur’an Tahun 2016. Hingga saat ini, sebanyak 73 peserta telah mendaftar. Dari jumlah tersebut, akan diterima sebanyak 40 orang yang terdiri dari 20 orang tingkat SLTP dan 20 orang tingkat SLTA. Para pendaftar tersebar dari Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Untuk tahap selanjutnya, tim BMA beberapa hari lalu hingga seminggu ke depan mulai memverifikasi calon penerima beasiswa tersebut. Sehingga anak-anak penerima beasiswa tepat sasaran dan benar-benar berkemauan menghafal Al-Quran sambil belajar di sekolah.

Kepala Baitul Mal Aceh, DR. H. Armiadi Musa, MA, menjelaskan beasiswa ini sebagai program pembinaan hafidz Al Qur’an sehingga melahirkan generasi Aceh cinta Al-Qur’an.

“Untuk itu, program ini rutin setiap tahun dianggarkan sejak 2012 dan terus ditambah kuota untuk beasiswa ini. Hingga 2015 kemarin khusus untuk program ini BMA telah menyekolahkan 79 santri, dengan rincian 36 orang untuk tingkat SLTP dan 43 untuk tingkat SLTA”, tambahnya.

Diharapkan kepada calon mustahik yang nantinya diverifikasi untuk jujur dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh tim survei BMA. Apapun itu, tim survey tetap melihat skala prioritas kemiskinan dan kelayakan dari calon penerima.

“Jika memang ada calon mustahik yang merasa dirinya mampu serta berkecukupan, maka diminta untuk merelakan diri tidak ikut lagi beasiswa ini dikarenakan masih banyak masyarakat lain yang lebih membutuhkan”, ujarnya.