Baitul Mal Aceh Data Fakir Uzur 2016

Baitul Mal Aceh Data Fakir Uzur 2016

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh (BMA) kembali mendata fakir uzur di Kabupaten Aceh Besar untuk tahun 2016. Untuk tahun ini Baitul Mal Aceh akan menambah mustahik penerima sebayak 426 orang untuk disantuni seumur hidup.

Bantuan untuk program ini diberikan setiap bulan kepada mereka yang sudah uzur dan tidak bisa produktif lagi. Besaran bantuan perbulan sebesar Rp 300.000 yang diantar langsung oleh relawan Baitul Mal Aceh ke rumah mustahik.

Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa MA mengatakan program ini merupakan program berkelanjutan setiap tahun. Sampat saat ini jumlah mustahik yang menerima bantuan tersebut mencapai 1561 orang.

Adapun yang menjadi prioritas tahun ini yaitu Kecamatan Darul Imarah, Darul Kamal, Blang Bintang dan Ingin Jaya. “BMA telah menyurati Baitul Mal Kabupaten Aceh Besar untuk diteruskan kepada Kepala Desa/Geuchik bersangkutan untuk membantu BMA dalam mendata penerima bantuan tersebut,”ujarnya.

Ia menambahkan, santunan bulanan fakir uzur merupakan program prioritas Baitul Mal dan sudah dilaksanakan bukan hanya oleh Baitul Mal Provinsi saja, bahkan semua Baitul Mal Kabupaten/Kota di seluruh Provinsi Aceh sudah menjalankannya.

“Adapun yang menjadi kriteria dari program santunan bulanan ini antara lain berstatus fakir yaitu orang yang tidak mempunyai harta dan tidak sanggup berusaha sama sekali, berstatus uzur yaitu berusia di atas 60 tahun/cacat yang tidak produktif/sakit berat yang menahun dan tidak menerima pensiunan atau penghasilan tetap lainnya”, tambahnya.

Armiadi juga meminta bahwasannya penerima yang diusulkan nantinya adalah orang yang belum pernah mendapatkan bantuan berkelanjutan serupa dari pihak lain maupun dari Baitul Mal lainnya.

“Nantinya tim dari BMA juga akan turun langsung memverifikasi data yang dikirim. Diharapkan data yang sampai ke BMA merupakan data yang valid dan jujur”, harapnya.[]