Tahun Ini BMA Renovasi Masjid Daerah Rawan Aqidah

Tahun Ini BMA Renovasi Masjid Daerah Rawan Aqidah

Banda Aceh – Tahun ini, Baitul Mal Aceh (BMA) akan merenovasi masjid/meunasah yang berada di daerah rawan aqidah. Daerah yang termasuk rawan aqidah seperti Simeulue, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Aceh Tamiang dan Subulussalam.

Untuk tahapannya, BMA telah mengirimkan surat kepada kabupaten/kota bersangkutan untuk merekomendasikan masing-masing dua mesjid/meunasah setiap daerah dengan jumlah total sebanyak 10 buah.

Kepala BMA, DR. H. Armiadi Musa, MA, mengatakan bahwa bantuan renovasi masjid ini dikhususkan untuk daerah rawan aqidah yang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara. “Jangan terkesan BMA enggan membantu pembangunan masjid. Hanya saja BMA lebih selektif dalam membantu dana pembangunan masjid,’ujarnya.

Ia menambahkan, bukannya BMA tidak mau membantu pembangunan masjid, namun Baitul Mal Aceh perlu memastikan terlebih dahulu terhadap kondisi daerah yang meminta pembangunan masjid.

“Bantuan akan lebih diprioritaskan kepada wilayah yang terkena bencana, daerah yang memang belum memiliki masjid, dan daerah yang rawan rawan akidah,” tambahnya.

Adapun kriteria yang ditetapkan BMA sebagai penerima bantuan antara lain masjid/meunasah yang dibantu sering digunakan untuk shalat dan aktivitas keagamaan lainnya, memiliki kepengurusan/kepantiaaan yang resmi, partisipasi masyarakat sekitarnya dinilai baik dan diutamakan masjid/meunasah tersebut terletak diperkampungan dengan mayoritas penduduk non muslim.[Boby]