Berkah ZIS Produktif, Usaha Warung Kopi Yusni Semakin Lancar

Berkah ZIS Produktif, Usaha Warung Kopi Yusni Semakin Lancar

Yusni Muhammad Yusuf (41 Tahun) sangat bangga dengan usaha warung kopinya di jalan Inoeng Balee, Darussalam. Pasalnya ia mendapat pinjaman model usaha dari program Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) Produktif Baitul Mal Aceh.

Awalnya Yusni membuka usaha warung kopi tersebut tahun 2012 yang bermodalan Rp2 juta. Usahanya tidak berjalan lancar karena tempat yang kurang strategis dan juga kurangnya pelanggan yang datang di tempat sebelumnya Lam Alue Raya.

Kemudian Yusni bersama istrinya bersepakat untuk meminjam modal usaha di Baitul Mal Aceh. Setelah diverifikasi, Yusni berhak mendapatkan bantuan dari Baitul Mal Aceh. Tahun pertama 2014 mereka meminjam Rp2 juta, di tambah lagi dengan modal sendiri yaitu 10 juta dengan hasil penjualan sepeda motor.

Karena mereka selalu rutin membayar setorannya pada tahun berikutnya mereka dapat pinjaman Rp3 juta 600 ribu oleh Baituk Mal, di tambah lagi dengan keuntungan yang sudah didapat dari penjualan tahun lalu. Hingga saat ini ia sudah mendapat pinjaman Rp7 juta.

Usaha ini mulai di buka dari jam 8 pagi sampai jam 11 malam,yang paling ramai di kunjungi yaitu saat sore dan malam hari. Mereka lebih memilih membuka usaha warung kopi ini karena menurut mereka usaha ini adalah usaha yang paling ngetren sekarang yang membuat mereka yakin akan usaha ini berjalan lancar.

Berkat ZIS Produktif Baitul Mal Aceh, usaha Yusni semakin berkembang dan membaik. “Alhamdulillah dengan bantuan dari Baitul Mal Aceh kehidupan mereka sekarang menjadi lebih baik dan berkecukupan,”ujar Yusni.

Ia mengakui lebih nyaman meminjam modal usaha pada Baitul Mal, karena tidak adabunga, persyaratannya pun mudah dan pelayanannya juga bagus. “Kini saya sudah mampu sewa toko sebesar 15 juta pertahun. Dari tahun ke tahun, keuntungan saya terus meningkat,”katanya.

Dia sangat berterimakasih kepada Baitul Mal Aceh karena sudah mempercayainya untuk meminjamkan modal, dan Yusni berkomitmen dan berharap usahanya bisa berkembang sampai mampu membayar zakat ke Baitul Mal Aceh.

Program ZIS Produktif, merupakan salah satu program unggulan Baitul Mal Aceh. Dengan adanya Baitul Mal Aceh banyak membantu masyarakat-masyarakat yang memerlukan bantuan modal usaha. Sejak 2006, Baitul Mal Aceh telah membuat beberapa program unggulan, salah satunya yaitu ZIS produktif yang berbentuk pemberian modal usaha kepada masyarat miskin. Bantuan ini diberikan setiap tahun kepada mereka, Besaran uang yang diberikan mulai 2 juta rupiah sampai Rp10 juta. (Suci Rahmawati/peserta magang dari UIN Ar-Raniry).