Amil Baitul Mal Aceh Ikut Pelatihan Instruktur SiMBA

Amil Baitul Mal Aceh Ikut Pelatihan Instruktur SiMBA

Banda Aceh – Sebanyak tiga orang amil zakat mewakili Baitul Mal Aceh mengikuti Pelatihan Instruktur SiMBA Tinkat Provinsi di Hotel Millenium, Jakarta 18 Agustus 2016. Pelatihan tersebut dilaksanakan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Ketiga amil yang ikut pelatihan tersebut yaitu Kepala Bidang Sosialisasi, Ade Irnami, Kasubbid Pengembangan, Bobby Novrizan dan perwakilan dari unsur Sekretariat Baitul Mal Aceh, Sayed Muhammad Husen.

Ade Irnami menjelaskan tujuan pelatihan tersebut untuk melatih penggunaan aplikasi SimBASNAS atau sering disebut Sistem Informasi BAZNAS untuk mengelola informasi zakat, baik mustahik maupun muzakki.

“Pelatihan yang berlangsung hingga Minggu, 21 Agustus 2016 itu memberikan simulasi dan latihan aplikasi pengelolaan zakat nasional yang dikhususkan penggunaannya untuk BAZNAS Provinsi atau Kabupaten/Kota, “kata Ade.

Ia menambahkan, hanya dengan melakukan entri data muzaki, mustahik, kas masuk, dan kas keluar, dapat mencetak laporan yang transparan dan akuntabel.

“Sehingga ke depan BASNAS se-Indonesia, di Aceh Baitul Mal dapat lebih terbuka dan masyarakat sendiri dapat mengakses langsung seputar pengelolaan zakat oleh amil pemerintah, ” tutupnya.

Acara tersebut dibuka langsung Ketua BAZNAS Pusat (Mantan Menteri Pendidikan dan Menteri Keuangan) Prof Bambang Sudibyo yang juga dihadiri Wakil Ketua Baznas DR. Zainul Bahar Noor (Mantan Dubes RI dan Direktur Bank Muamalat).