Baitul Mal Aceh Verifikasi BMG

Baitul Mal Aceh Verifikasi BMG

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh melakukan verifikasi terhadap beberapa Baitul Mal Gampong (BMG) di seputaran Aceh Besar dan Banda Aceh. Verifikasi ini dilakukan untuk memastikan beberapa BMG yang siap mengelola dana zakat untuk pemberdayaan fakir miskin di gampong masing-masing.

Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa MA mengatakan kepada BMG yang dinyatakan lulus verifikasi nanti akan diberikan dana sekitar Rp 30 juta per gampong. Dana tersebut akan dikelola Baitul Mal Gampong untuk membantu mereka yang miskin untuk pemberdayaan.

“Kita sarankan agar pengelolaannya nanti berbentuk kelompok, supaya mudah dikontrol. Lebih bagus lagi difokuskan pada satu usaha yang menjadi produk khas gampong masing-masing,” ujar Armiadi.

Adapun yang menjadi kriteria verifikasi kata Armiadi yaitu kesiapan BMG-nya, potensi gampong yang bisa dikembangkan dan keinginan masyarakat mau berpartisipasi. Jika semua pihak sudah mendukung, maka sudah bisa dikelola.

Kayanya lagi, untuk tahun ini Baitul Mal Aceh menganggarkan bantuan BMG untuk 20 gampong. 10 gampong di Aceh Besar dan 10 gampong untuk Banda Aceh, sedangkan data yang dikirim oleh Baitul Mal Aceh besar sebanyak 23 gampong.

“Kita menginginkan dengan bantuan ini walaupun tidak banyak, setidaknya sudah membantu masyarakat miskin, kalau pengelolaannya bagus, maka akan ditambah dan mustahik pun akan bertambah,” tandasnya.