Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Kunjugi Baitul Mal Aceh

Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Kunjugi Baitul Mal Aceh

BANDA ACEH – Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) berkunjung ke Baitul Mal Aceh, Kamis, (05/07/2019). Kedatangan mereka dalam rangka koordinasi program, pengawasan, pendampingan Audit syariah, dan akreditasi lembaga pengolahan zakat tingkat pusat dan provinsi tahun 2019.

“Monitoring ini dilakukan setiap tahunnya guna mengetahui perkembangan kinerja Baitul Mal Aceh. Setiap tiga tahun sekali kita upgrade akreditasi dan setiap tahunnya kami adakan pengawasan,” kata ketua rombongan, Mukti.

Ia menambahkan, selama ini Baitul Mal Aceh telah memperoleh akreditasi sangat baik dan memuaskan terutama dalam memberdayakan  zakat. Aceh termasuk provinsi yang mendapatkan akreditasi A sejak dulu, mereka datang hanya untuk memastikan kembali bahwa Aceh masih di predikat tersebut.

“Salah satu dampak keberhasilan lembaga zakat apabila ada mustahik yang bertransformasi menjadi muzaki,” harapnya.

Kunjungan tersebut disambut oleh Kepala Bidang Pengumpulan Baitul Mal Aceh, Putra Misbah di Ruang Kepala Baitul Mal Aceh. Putra misbah mengatakan Baitul Mal Aceh sedang mengarab beberpa program ungulan yang dapat mengurangi angka kemiskinan di Aceh.

“Beberapa program ungulan tersebut yaitu Program Baitul Mal Gampong Produktif dan Modal Usaha Bergulir. Kami terus mengupayakan agar kedua program ini sukses bedasarkan target yang telah di tetapkan,” tuturnya.

Putra menjelaskan Program Baitul Mal Gampong Produktif ini diberikan dalam bentuk modal usaha kepada masyarakat miskin yang ada di gampong melalui Baitulmal Gampong (BMG).  Sementara untuk Modal Usaha Bergulir yaitu pinjaman modal usaha tanpa bunga bagi pengembangan usaha mustahik terutama pelaku usaha mikro.

“Kedua program ini sudah dijalankan pada setiap kabupaten/kota di Aceh,  target ke depan Baitul Mal Aceh agar dapat ikut ambil bagian dalam menekan satu persen angka kemiskinan se-Aceh,” jelasnya.[Nur Apriana]