BMA Salurkan Bantuan Kebakaran di Empat Kabupaten

BMA Salurkan Bantuan Kebakaran di Empat Kabupaten

Baitul Mal Aceh (BMA) menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran di empat kabupaten, yaitu; Pidie Jaya, Bireuen, Bener Meriah, dan Aceh Utara.

Penyaluran bantuan masa panik tersebut diserahkan langsung Pelaksana Tugas Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa MA yang dilaksanakan sejak 26 hingga 28 Februari 2020 di empat kabupaten tersebut.

“Bantuan yang kita salurkan merupakan bantuan masa panik bagi mereka yang baru saja terkena musibah. Memang bantuan ini tidak begitu besar, namun sedikit meringankan beban mereka yang baru saja mendapatkan cobaan dari Allah,” ujar Armiadi Musa, Jumat (28/02/2020).

Armiadi merincinkan, setiap kabupaten bantuan disalurkan berbeda jumlahnya, sesuaikan jumlah korban dan kadar parah musibah. Untuk Pidie Jaya, bantuan diterima oleh dua orang, yaitu atas nama Munawir dan Halimah Puteh di Gampong Beuringen, Kecamatan Meurah Dua, masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3 juta, dengan jumlah total Rp 6 juta.

Di Kabupaten Bireuen bantuan diberikan kepada mustahik atas nama Hasniah, warga Gampong Punjot, Kecamatan Jangka sebesar Rp 4 juta. Selanjutnya di Kabupaten Bener Meriah atas nama Ashari Arma dan Edi Arismanto, warga Gampong Blang Seuntang, Kecamatan Bukit, masing-masing mendapatkan Rp 3 juta, jumlah total Rp 6 juta.

“Sedangkan di Kabupaten Aceh Utara, bantuan diberikan kepada pesantren Darul Ulum Gampong Paloh Kayee Kunyet, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, sebesar Rp 20 juta,” sebut Armiadi.

Ia menambahkan bantuan yang diantar langsung dari Banda Aceh tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah untuk masyarakat. Apalagi mereka yang baru terkena musibah sangat butuh uluran tangan untuk kebutuhan mendesak, seperti; makanan, pakaian, dan kebutuhan mendesak lainnya.

Armiadi juga menjelaskan setiap tahun Baitul Mal Aceh menganggarkan dana zakat untuk musibah bencana alam, seperti; gempa bumi, longsor, tsunami, kebakaran, dan musibah bencana alam lainnya yang datang tidak pernah diduga. Maka bantuan seperti ini sangat dirasakan manfaatnya masyarakat, begitu ada musibah ada yang merangkul mereka.

Bantuan untuk Aceh Jaya
Selain empat kabupaten tersebut, pada waktu yang bersamaan, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Rahmad Raden juga menyalurkan bantuan kebakaran untuk Pesantren Ar Risalah, Aceh Jaya, Kamis (27/02/2020).

Bantuan yang diberikan juga berupa uang tunai sebesar Rp 5 juta. Bantuan tersebut juga bantuan masa panic untuk meringankan beban korban kebakaran di sana.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada muzaki yang telah mempercayakan Baitul Mal Aceh tempat menunaikan zakat mereka sehingga kami bisa menyalurkan kepada yang membutuhkan bantuan. Semoga kami selalu amanah dalam menjalankan tugas kami.” Tutup Rahmad.[]