Baitul Mal Aceh Jalin Kerjasama dengan IAI Tazkia

Baitul Mal Aceh Jalin Kerjasama dengan IAI Tazkia

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh bersama Institut Agama Islam Tazkia menandatangani perjanjian kerja sama dalam bidang sosial, Rabu (30/12/2020) di Banda Aceh. Ruang lingkup kerja sama, antara lain, pemberian beasiswa bagi putra daerah Aceh yang tergolong mustahik untuk program kelas internasional ekonomi dan keuangan syariah juga untuk program hafizpreneur.

Perjanjian Kerja sama ditandatangani oleh Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc, CFP selaku Rektor Institut Agama Islam Tazkia dan Dr. Abdul Rani Usman, M.Si selaku salah satu pimpinan mewakili Prof. Dr. Nazaruddin A. Wahid, M.A., Ketua Komisioner Baitul Mal Aceh. Penandatangan tersebut juga disaksikan Kepala Sekretariat, Rahmad Raden.

“Beda kedua program ini adalah target hafalan semasa studi dimana untuk program internasional saat ini target hafalan Al-Qur’an adalah 2-5 juz dan wajib asrama setahun sedangkan program Hafizpreneur 30 juz wajib asrama 4 tahun,” ujar Rektor IAI Tazkia Murniati Mukhlisin.

Selain itu, kedua pihak setuju untuk menjalankan keuangan mikro syariah dibalut dengan proteksi asuransi mikro syariah. Adapun pelatihan akan diadakan untuk petugas lapangan keuangan mikro yang bertujuan untuk   pemberantasan rentenir dan kemiskinan di Aceh.

Pada 9 November 2020 yang lalu, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, melantik dan mengambil sumpah jabatan lima keanggotaan Badan Baitul Mal Aceh periode 2020-2025. Kelima anggota tersebut adalah Prof. Dr. Nazaruddin. A. Wahid, M.A sebagai ketua, Dr. Abdul Rani Usman, M.Si sebagai anggota, Khairina, S.T sebagai anggota, Mukhlis Sya’ya S.T sebagai anggota, dan Mohammad Haikal, S.T, M.I.F.P sebagai anggota.[]