Kolaborasi Melahirkan Gampong Percontohan Pengelolaan Zakat Produktif

Kolaborasi Melahirkan Gampong Percontohan Pengelolaan Zakat Produktif

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh (BMA) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar-Raniry Aceh akan berkolaborasi membentuk gampong percontohan pengelolaan zakat produktif di beberapa kabupaten/kota di Aceh pada Tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan Kepala DPMG Aceh Azhari, SE, M.Si dalam rapat Pembahasan Rencana Kolaborasi BMA, DPMG Aceh dan FEBI UIN Ar-Raniry untuk usulan Kegiatan Tahun 2021 Tentang Gampong Percontohan Pengelolaan Zakat Produktif di aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, Kamis (7/2/2021).

“Semoga kolaborasi ini menghasilkan gampong percontohan yang dapat menjadi model dalam pengelolaan zakat produktif” sebut Kadis DPMG.

Azhari juga menjelaskan bahwa yang menjadi sasaran program ini adalah masyarakat yang tergolong miskin untuk diberdayakan melalui modal usaha yang berasal dari zakat yang dikeluarkan para muzakki yang akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dengan harapan akan meningkatkan penghasialan dari masyarakat sehingga penerima modal usaha nantinya juga dapat mengeluarkan zakat (menjadi Muzakki).

“Kolaborasi ini menyasar masyarakat yang tergolong kurang mampu, sehingga ekonominya dapat meningkat. Pengelolaan yang melibatkan Baitul Mal dan FEBI UIN Ar Raniry sebagai bentuk pendampingan berkelanjutan” tambahnya.

Sementara itu pihak Baitul Mal Aceh yang diwakili Kabag Pengumpulan Data, Putra Misbah mengatakan bahwa pihaknya siap untuk berkolaborasi bersama DPMG Aceh dan FEBI UIN Ar-Raniry dalam program ini dengan mensuport pendanaan/modal dari para muzakki yang menyetor zakatnya melalui Baitul Mal Aceh.

“Kami juga akan melakukan pembinaan kepada Baitul Mal Gampong dalam upaya mensosialisasikan tentang penting mengeluarkan zakat yang merupakan salah satu ibadah yang termasuk dalam rukun islam” jelas Misbah.

Selanjutnya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry, Zaki Fuad menjelaskan tentang peran FEBI UIN dalam program ini yaitu dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya imum gampong dalam pengelolaan zakat mal serta melatih pengurus BUMG dalam menyusun laporan keuangan.

“Semoga upaya kolaborasi ini dapat terwujud dengan dukungan dan partisipasi semua pihak. Sehingga diharapkan semakin banyak gampong percontohan yang menjadikan pembangunan ekonomi sebagai asas utama pembangunan di Gampong” tutup Kadis DPMG Aceh.