Santunan Seumur Hidup bagi 2.520 Fakir Uzur

Santunan Seumur Hidup bagi 2.520 Fakir Uzur

Banda Aceh – Sebanyak 2.520 fakir uzur rutin menerima santunan dari Baitul Mal Aceh hingga saat ini. Khusus tahun 2020, dana zakat yang disalurkan untuk santunan tersebut mencapai Rp15 miliar.

Program Santunan Bulanan Fakir Uzur ini merupakan salah satu program unggulan Baitul Mal Aceh yang dimulai sejak tahun 2008. Pada tahun pertama, jumlah mustahik hanya 200 orang. Lambat laun, seiring meningkatnya jumlah pengumpulan zakat, penerima manfaat untuk program ini juga ikut bertambah hingga mencapai 2.520 orang.

Begitu juga dengan jumlah santunan yang diberikan. Pada tahun pertama, masing-masing mustahik hanya menerima Rp200 ribu/bulan. Saat ini, besaran santunan yang mereka peroleh meningkat menjadi Rp500 ribu per mustahik per bulan seumur hidup.

Meskipun bersifat konsumtif, kehadiran program ini sangat diapresiasi oleh para mustahik. Masih banyak lansia yang hidup di tengah-tengah keluarga di bawah garis kemiskinan. Kondisi mereka juga tidak lagi produktif, sehingga sangat membutuhkan uluran tangan dari orang-orang yang lebih mampu.

Karena itu, mari menjadi bagian dari orang-orang yang ikut meringankan beban mereka dengan menyalurkan zakat melalui Baitul Mal Aceh. Semakin banyak zakat yang terkumpul, akan semakin banyak pula jumlah fakir uzur yang dapat dibantu. Semoga kualitas bantuan pun akan terus meningkat.[hayat]