Menjelang Penutupan, Pendaftar Bantuan Alat Kerja Capai 4.745 Orang

Menjelang Penutupan, Pendaftar Bantuan Alat Kerja Capai 4.745 Orang

Banda Aceh – Pendaftar Bantuan Peralatan Kerja Baitul Mal Aceh (BMA) untuk Keluarga Miskin Tahun 2021 terus meningkat menjelang H-1 penutupan, Rabu, 31 Maret 2021. Hingga hari ini, Selasa 30 Maret 2021, pukul 11.00 WIB, pendaftar sudah mencapai 4.745 calon mustahik.

Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Rahmad Raden mengatakan animo masyarakat untuk mendapatkan bantuan peralatan kerja sangat tinggi. Sejak sebelum pendaftaran dibuka, masyarakat sudah ramai yang datang ke kantor untuk bertanya kapan bantuan tersebut dibuka.

“Untuk tahun ini kami tidak buka secara offline karena mengingat status saat ini masih pandemi Covid-19. Oleh karena itu para calon mustahik diarahkan mendaftar secara online sehingga tidak terjadi kerumunan di kantor Baitul Mal Aceh,” ujar Rahmad.

Rahmad menambahkan, dari data yang masuk melalui google form nantinya akan diverifikasi administrasi terlebih dahulu. Nantinya, pendaftar yang sesuai dengan kriteria akan diverifikasi langsung ke rumah dan tempat usaha calon mustahik.

“Target penerima tahap pertama sekitar seribuan penerima. Kita berharap yang mendapatkan bantuan nanti benar-benar dari keluarga miskin yang sangat membutuhkan peralatan kerja untuk menambah pendapatan mereka,” sambung Rahmad.

Rahmad juga menjelaskan, untuk tahap pertama, pendaftaran bantuan alat kerja untuk masyarakat Kota Banda Aceh dan Aceh Besar terlebih dahulu sebagai pilot project. Tahap berikutnya setelah Ramadan akan berekspansi ke kabupaten/kota lainnya melalui Baitul Mal kabupaten/kota yang selama ini bagus koordinasinya dengan BMA.

“Saya tegaskan bahwa bantuan ini bersumber dari dana zakat, bagi yang merasa tidak berhak menerima zakat, sebaiknya tidak mendaftarkan bantuan ini karena bantuan alat kerja ini khusus untuk orang miskin,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Baitul Mal Aceh kembali membuka pendaftaran bantuan alat kerja tahun 2021. Pendaftaran dibuka mulai 27-31 Maret 2021.

Sasaran utama dari program tersebut adalah masyarakat miskin yang membutuhkan alat-alat kerja untuk menunjang usaha yang sedang digelutinya.

Sektor yang menjadi sasaran BMA, antara lain perdagangan, perikanan (kelautan/tambak darat), pertukangan, perbengkelan, industri rumah tangga, pertanian, dan jasa.

Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir yang dapat dibuka melalui tautan bit.ly/alatkerjaBMA2021. Ada pun persyaratan untuk mendapatkan bantuan tersebut, di antaranya berdomisili di Banda Aceh atau Aceh Besar, berasal dari keluarga kurang mampu/berpenghasilan di bawah Rp2,5 juta per bulan, dan saat ini sedang menjalankan usaha atas nama pribadi.[Hayatullah]