Loket Layanan Zakat

Loket Layanan Zakat

Oleh Arif Arham/Kabag Pemberdayaan BMA

Salah-satu fasilitas di kantor Baitul Mal Aceh (BMA) adalah loket layanan zakat (counter). Loket ini dibuka setiap hari kerja. Layanan yang diberikan mencakup penerimaan zakat (loket muzakki) dan permohonan bantuan zakat (loket mustahik).

Di loket muzakki, ada amil yang siap menerima dan mencatatkan setoran zakat kaum muslimin. Tidak hanya itu, masyarakat dapat berkonsultasi tentang perhitungan besaran harta yang wajib dizakati. Amil BMA akan membantu para muzakki sehingga memiliki pengetahuan yang cukup untuk menunaikan zakatnya.

Layanan setoran zakat juga dapat dilakukan secara daring ke rekening BMA melalui ATM, aplikasi perbankan, atau uang elektronik yang semakin populer dewasa ini. Informasi tatacara menunaikan zakat melalui fasilitas perbankan ini dapat diperoleh di loket muzakki, medsos, dan website resmi BMA.

Di samping menerima zakat, masyarakat yang membutuhkan bantuan juga dilayani di loket layanan zakat. Bahkan, untuk memastikan layanan cepat dan tepat, amil BMA yang melayani calon mustahik ini ada tiga orang.

Di loket mustahik, masyarakat dapat menyampaikan permohonannya secara lisan atau tertulis. Lalu, amil akan menelaah, mencatat, dan memberi rekomendasi bantuan apa yang pas diberikan kepada pemohon sesuai program pemberdayaan zakat yang tersedia di BMA. Tidak perlu khawatir jika ada persyaratan yang kurang. Amil akan menghubungi via telepon/WA untuk memberi tahu dokumen tambahan apa saja yang perlu disiapkan.

Satu hal yang perlu diketahui publik bahwa tidak ada biaya yang perlu dibayarkan ke amil BMA untuk mendapatkan bantuan zakat. Semua layanan gratis. Jadi, langsung temui petugas counter BMA untuk menyampaikan permohonan Anda.

Demikianlah, BMA berupaya terus-menerus memberikan layanan counter yang profesional. Mudah-mudahan, semakin banyak warga yang menunaikan zakatnya di BMA sehingga manfaat zakat semakin merata dirasakan masyarakat yang membutuhkan.