Nyak Rinda Tunaikan Zakat melalui BMA

Nyak Rinda Tunaikan Zakat melalui BMA

Banda Aceh – Mantan Direktur Rumah Sakit dan Anak (RSIA) Aceh, Nyak Rinda binti Muhammad Yusuf menunaikan zakat pribadinya melalui Baitul Mal Aceh (BMA). Zakat tersebut diantar langsung Nyak Rinda ke kantor Baitul Mal Aceh, Selasa (27/4/2021).

“Alhamdulillah hari ini saya sudah menunaikan kewajiban saya semoga dapat disalurkan kepada yang berhak menerimanya,” ujar Nyak Rinda usai menunaikan zakat di konter BMA.

Nyak Rinda mengaku selama ini ia menyalurkan zakat secara sendiri kepada mustahik. Namun ia merasa lebih yakin apabila menunaikan melalui amil resmi. Ia khawatir kalau disalurkan sendiri tidak tepat sasaran seperti yang diatur dalam fikih zakat.

“Ketika saya tunaikan melalui amil, kewajiban saya dengan Allah sudah selesai, selanjutnya tugas amil untuk menyalurkan kepada yang berhak menerima, itu yang membuat saya lebih tenang,” tambahnya.

Bahkan ia mengaku untuk orang-orang yang selama ini ia santuni sendiri dengan dana zakat akan tetap disantuni dengan dana infak. Artinya dana infak tidak ada batasan dan tidak terikat dengan syarat penerima, sementara zakat syarat penerimanya sangat khusus, yaitu sesuai tujuh senif.

Oleh karena itu, Nyak Rinda memilih Baitul Mal Aceh selaku lembaga amil zakat resmi pemerintah Aceh untuk mengamanahkan hartanya kepada yang berhak menerima. Apalagi selama ini melalui BMA telah banyak memberdayakan masyarakat dalam bentuk program jangka panjang seperti zakat produktif.

Zakat Nyak Rinda diterima petugas konter BMA, Ari Mariani. Usai penyetoran, Ari mendoakan agar para muzaki diberikan keberkahan dalam rezeki dan ringankan segala urusan muzaki.[]