BMA Bersama Sejumlah SKPA di Kompleks Keistimewaan Aceh Ikuti Pendampingan PPID

BMA Bersama Sejumlah SKPA di Kompleks Keistimewaan Aceh Ikuti Pendampingan PPID

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh (BMA) mengikuti kegiatan Pendampingan dalam Rangka Integrasi Data dan Penguatan Kelembagaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Aceh di aula Baitul Mal Aceh, Kamis (6/5/2021).

Pendampingan ini juga diikuti oleh PPID Pembantu sejumlah SKPA yang ada di Kompleks Keistimewaan Aceh yaitu Majelis Adat Aceh (MAA), Majelis Pendidikan Aceh (MPD), dan Dinas Pangan Aceh. Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden dalam sambutan pembukaan selaku tuan rumah menyampaikan terima kasih kepada tim PPID Aceh atas kedatangannya untuk membimbing para pengelola informasi di SKPA agar menjadi lembaga yang informatif.

“Informasi yang kita sampaikan ke publik melalui website nantinya akan dijadikan penilaian kinerja SKPA ke depan, oleh karena itu perlu arahan dari tim PPID Utama untuk penguatan dan pendampingan ini,” ujarnya.

Zalsufran, ST, M.Si, selaku Kepala Bidang Pengelolaan Layanan Informasi Publik Diskominfo dan Sandi Aceh juga mengucapkan terima kasih juga atas bantuan BMA dalam memfasilitasi kegiatan ini.

Zalsufran menyampaikan poin-poin penting yang menjadi tujuan diadakannya Pendampingan PPID tersebut. Selain untuk mendukung pengelolaan website SKPA yang lebih informatif dan kreatif, Pendampingan PPID tersebut juga menjadi sarana evaluasi terhadap pengelolaan website yang telah berjalan selama ini.

“Diharapkan dengan penyelenggara ini dapat mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pengelolaan informasi dalam rangka memberikan informasi yang lengkap, terbuka, dan bermanfaat untuk masyarakat” harapnya.

Bimbingan ini dipandu oleh Asriani, S. Sos, M. Si selaku Kasi Layanan Informasi Publik di PPID Aceh yang memberikan materi tentang dokumen apa saja yang diperlukan dalam pemutakhiran dokumen informasi publik yang diunggah ke website masing-masing Dinas.

“Dokumen yang dicek yaitu SK Tim PPID Tahun 2021, Daftar Informasi dan Dokumentasi Publik (DIDP) Tahun 2021, Ringkasan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Tahun 2021, Struktur Organisasi SKPA, Laporan Kinerja atau LAKIP Tahun 2020, Rencana Kerja Tahun 2021, LHKPN Pejabat SKPA Tahun 2020, Ringkasan Informasi Kegiatan Pekerjaan Tahun 2020 dan Laporan Layanan Informasi dan Dokumentasi (LLID) Tahun 2020,” tambahnya.

Asriani meminta kepada seluruh SKPA untuk membenah dan meningkatkan pelayanan informasi dan diharapkan Pemerintah Aceh dapat mempertahankan peringkat dengan memperoleh Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dengan kategori Informatif di masa akan datang.[]