Baitul Mal Aceh Salurkan Zakat kepada 6.000 Mustahik

Baitul Mal Aceh Salurkan Zakat kepada 6.000 Mustahik

  • Dana yang dianggarkan Rp.3 Milyar

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh kembali salurkan zakat kepada 6.000 mustahik di Aceh Besar tahun 2016. Penyaluran bantuan untuk fakir miskin ini sudah dimulai 21-24 Juni 2016 terhadap tujuh kecamatan atau 128 desa di Aceh Besar.

Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa MA mengatakan, Bantuan Santunan Ramadhan tahun ini difokuskan di tujuh kecamatan di Aceh Besar, yaitu Kuta Baro, Ingin Jaya, Kuta Cot Glie, Seulimum, Lembah Seulawah, Masjid Raya dan Pulo Aceh. Kecamatan yang sudah pernah mendapatkan tahun lalu tidak diberikan lagi tahu ini.

“Bantuan ini diberikan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat fakir miskin di bulan Ramadhan. Jumlah penerimanya tahun ini meningkat menjadi 6.000 orang, sedangkan tahun lalu hanya 4.000 orang,” kata Armiadi di sela-sela penyerahan secara simbolis di Masjis Jamik, Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Kamis (23/06/2016).

Dana yang dianggarkan untuk program ini bersumber dari dana zakat tahun 2016 yaitu sebesar Rp.3 Milyar yang telah disahkan Dewan Pertimbangan Syariah (DPS) Baitul Mal Aceh. Jumlah bantuan yang diterima setiap mustahik sebesat Rp 500 ribu per mustahik.

Armiadi menjelaskan penyaluran Zakat Bantuan Santunan Ramadhan ini merupakan program rutin Baitul Mal Aceh setiap tahunnya, yang diperuntukkan untuk keluarga miskin melalui proses pengambilan data dari kepala desa. Setiap desa dikirimkan data 27 orang masyarakat yang benar-benar miskin.

“Penyaluran zakat di bulan Ramadhan ini membuktikan tingginya kepedulian sosial antar sesama muslim di Aceh, walaupun bantuan ini tidak begitu banyak yang diterima mustahik, setidaknya sudah meringankan beban mereka, apalagi menjelang hari raya,” jelasnya.

Armiadi berharap, bantuan yang diberikan Baitul Mal Aceh nantinya agar dipergunakan sebaik-baiknya untuk kebutuhan sehari-hari. Bantuan tersebut tidak diperkenan untuk membeli rokok atau barang-barang yang tidak bermanfaat lainnya.

Katanya lagi, adanya berbagai bantuan di Baitul Mal Aceh tentu tidak lepas dari peran muzakki yang mempercayakan pemerintah untuk mengelola zakat. Pihaknya berharap semakin bertambah muzakki yang membayar zakat sehingga jumlah mustahik terus bisa ditambahkan.

Selain Bantuan Santunan Ramadhan, ada sejumlah bantuan lain yang disalurkan ke seluruh Aceh dalam bulan ini, di antaranya 3.000 bantuan pendidikan untuk santri pesantren se-Aceh. Selanjutnya juga ada penyaluran zakat untuk program fakir uzur seumur hidup yang jumlahnya mencapai ribuan mustahik. Selain itu juga ada penyaluran beasiswa penuh terhadap anak muallaf untuk kabupaten/kota se-Aceh serta bantuan-bantuan insidentil lainnya seperti musafir yang kehabisan bekal. [Hayatullah]