208 Fakir Miskin Terima Bantuan Alat Kerja

208 Fakir Miskin Terima Bantuan Alat Kerja

Banda Aceh – Sebanyak 208 fakir miskin menerima bantuan peralatan kerja dari Baitu Mal Aceh tahun 2016. Bantuan tersebut diberikan untuk mendukung dan memudahkan fakir miskin dalam mencari nafkah.
Plt Kepala Baitul Mal Aceh Dr Armiadi Musa MA mengatakan dana yang dianggarkan untuk bantun tersebut tahun 2016 sebesar Rp 686 juta untuk 208 mustahiq (yang berhak menerima zakat). Untuk mendapatkan bantuan alat tersebut tentu melalui proses verifikasi terlebih dahulu.
“Sudah menjadi persyaratan penerimaan bantuan di Baitul Mal Aceh harus diverifikasi terlebih dahulu. Ada tim yang mensurvei itu. Karena salah satu syarat menerima zakat itu dari keluarga kurang mampu,” ujarnya.
Ia menjelaskan Baitul Mal Aceh hampir setiap tahun memberikan bantuan dalam bentuk produktif seperti ini.‎ Para mustahiq tidak selamanya diberikan bantuan habis pakai, tapi bantuan yang bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang.
Armiadi berharap dengan adanya bantuan seperti ini para fakir miskin bertambah semangatnya dalam mencari rezeki yang halal dan dapat meningkatkan ekonomi keluarganya. “Harapan terbesar kami mereka menjadi muzakki (pembayar zakat), sehingga mengurangi angka kemiskinan di Aceh,” tandasnya.
Ia menambahkan, tahun ini bantuan alat kerja diberikan kepada lima sektor usaha masyarakat, yaitu  industri rumah tangga, pertukangan, perdagangan, perbengkelan dan sektor perikanan (nelayan).
Lanjutnya, program ini juga dilakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev). Setelah disalurkan bantuan, para amil Baitul Mal Aceh akan turun lapangan lagi untuk melihat sejauh mana pemanfaatan alat-alat kerja tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari alat-alat tersebut agat tidak dijual.
“Alat-alat yang kita berikan itu sesuai kebutuhan mereka, sehingga alat yang dikasih betul-betul dimanfaatkan oleh mereka,” tutupnya.[]