Mahasiswa Statisik Unsyiah Praktik Analisis di Baitul Mal Aceh

Mahasiswa Statisik Unsyiah Praktik Analisis di Baitul Mal Aceh

Banda Aceh – Beberapa mahasiswa Statistik Mipa Unsyiah lakukan praktik tugas kuliah analisis di kantor Baitul Mal Aceh. Program yang menarik bagi mereka untuk dianalisa yaitu program Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) Produktif peminjaman modal usaha.

Yang menjadi fokus pada kegiatan mereka yaitu menganalisis waktu pembayaran angsuran pertama dana modal usaha mustahik ZIS Produktif kategori lancar dan diragukan. Syarat utama dalam aplikasi analisis survival adalah adanya durasi/interval waktu terjadinya suatu peristiwa atau event.

Seorang mustahik dikategorikan lancar apabila pembayaran angsuran bantuan modal usaha tersebut tidak terlambat lebih dari tiga bulan. Sedangkan mustahik dikategorikan diragukan apabila terjadi tunggakan pembayaran antara empat hingga enam bulan.

Jumlah sampel kasus yang digunakan untuk mustahik kategori lancar dan diragukan masing-masing 50 dan 38 kasus. Data lama waktu pembayaran angsuran pertama dikategorikan tersensor apabila waktu pembayaran angsuran tersebut lebih lama dari dua bulan sejak sejak tanggal bantuan itu diterima.

Analisa data dalam penelitian ini menggunakan model cox proporsional hazard (cox PH). Model tersebut digunakan untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang berpengaruh terhadap lama waktu pembayaran angsuran pertama data bantuan modal usaha.

Dari enam variabel yang diteliti, 3 diantaranya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel lama waktu pembayaran angsuran pertama modal usaha untuk kelompok mustahik kategori lancar pada tingkat signifikan 0.1.

Ketiga variabel tersebut adalah jenis kelamin mustahik, pekerjaan, dan jumlah dana yang dipinjam. Sedangkan untuk kelompok mustahik yang diragukan hanya dipengaruhi oleh variabel jumlah biaya yang dipinjam melalui ZIS Produktif.[]