Jelang Lebaran, Baitul Mal Aceh Bantu 1.978 Fakir Miskin

Jelang Lebaran, Baitul Mal Aceh Bantu 1.978 Fakir Miskin

 

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh kembali salurkan bantuan santuan Ramadhan tahun 2017 kepada 1.978 fakir miskin yang berada di Aceh Besar. Penyerahan secara simbolis diserahkan Gubernur Aceh yang diwakili Asisten II Setda Aceh Drs. H.Saiba Ibrahim di masjid Baitul Makmur, Sibreh Aceh Besar, Kamis (22/06/2017).

Plh Kepala Baitul Mal Aceh, T Sulaiman, SE mengatakan setiap mustahik mendapatkan Rp 700.000 dengan jumlah total sebesat Rp. 1,3 Miliar. Bantuan ini diharapkan dipergunakan sebaik mungkin untuk kebutuhan Ramadhan atau pun hari raya.

“Memang bantuan ini tidak begitu besar, namun setidaknya sudah meringankan beban mereka, apalagi beberapa hari lagi akan menghadapi lebaran, tentu sangat banyak keperluan rumah tangga,”ujar T Sulaiman.

Ia meminta bantuan yang diterima mustahik tersebut agar tidak dipergunakan untuk membeli rokok atau hal-hal yang tak bermanfaat lainnya, sebab dana tersebut dari sumber zakat yang dititipkan muzakki dengan ikhlas ke Baitul Mal Aceh.

Sementara itu, Asisten II Setda Aceh Drs. H.Saiba Ibrahim mengatakan zakat merupakan bantuan sosial. Apalahi bantuan ini disalurkan pada bulan Ramadhan yang merupakan bulan sosial yaitu bulan saling berbagi.

“Dan momen ini sangat tepat untuk disalurkan bantuan konsumtif seperti ini mengingat masyarakat sangat membutuhkannya,” ujar Saiba di sela-sela penyerahan secara simbolis.

ia menginginkan pendapatan zakat di Baitul Mal Aceh maupun kabupaten/kota terus meninkat, sehingga semakin banyak zakat dapat dikumpulkan semakin banyak pula mustahik yang bisa dibantu.

“Kita ucapkan terimakasih kepada muzakki yang telah mempercayai pemerintah dalam mengelola zakat mereka, dengan adanya zakat, fakir miskin sudah terberdayakan,” imbuhnya.

Selain penyaluran zakat oleh Baitu Mal Aceh, di tempat yang sama juga disalurkan zakat Baitul Mal Aceh Besar. Pada penyerahan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Aceh Besar, Drs Syamsul Rizal, M Kes dan beberapa kepala dinas lainnya.

Dalam sambutannya ia menyampaikan selama ini dengan dana zakat sudah banyak membantu fakir miskin di kabupaten Aceh besar. Sejak tahun 2007, Baitul Mal Aceh besar telah membangun 650 unit rumah, menyantuni fakir uzur, santunan Ramadhan, bantuan dayah dan beberapa program lainnya.

“Sama seperti Baitul Mal Aceh, di Aceh Besar juga memberikan bantuan pinjaman modal usaha bagi mereka yang memiliki usaha kecil, supaya mendorong peningkatan pendapatan mereka.”tandas Syamsul Rizal.[]