BMA Menyalurkan Bantuan Rehab Rumah Fakir Miskin di Wilayah Tengah Propinsi Aceh

BMA Menyalurkan Bantuan Rehab Rumah Fakir Miskin di Wilayah Tengah Propinsi Aceh

Takengon – Baitul Mal Aceh kembali melakukan penyaluran bantuan untuk rehab rumah fakir miskin di seputar kabupaten/kota di wilayah Tengah Propinsi Aceh. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Kantor Baitul Mal Aceh Tengah, Kamis (26/10).

Untuk tahap ini Baitul Mal Aceh akan disalurkan ke 6 kabupaten/kota terdiri dari Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Simeulue dan Kota Sabang dengan jumlah penerima seluruhnya 109 keluarga.

Dalam penyaluran ini diberikan pengarahan yang merupakan petunjuk dan penjelasan secara rinci agar dapat terselesaikan dengan baik dalam merenovasi rumah fakir miskin tersebut. Meknisme pelaksanaan dilakukan kerjasama antara Baitul Mal Aceh dengan Baitul Mal Kabupaten/Kota bersangkutan dan juga keaktifan penerima rumah. Karena pada pelaksanaan ini, penerima mendapatkan uang tunai yang telah ditransfer ke masing-masing penerima oleh Baitul Mal Aceh. Sedangkan Baitul Mal Kabupaten/Kota diharapkan untuk mengawasi penerima rumah agar uang tersebut benar-benar  digunakan untuk renovasi rumahnya.

Penyaluran ini diharapkan dapat melatih warga miskin untuk jujur dalam menggunakan dana zakat yang telah diberikan. Karena penerima rumah nanti membeli sendiri kebutuhan material bangunan untuk memperbaiki rumah tidak layak huni tersebut dan bukti pembelian akan diawasi kembali. Untuk masing-masing kepala keluarga, akan menerima bantuan yakni senilai Rp 20 juta.

Sementara itu Kepala Baitul Mal Aceh, Zamzami Abdulrani, S. Sos, berharap program yang digulirkan tersebut dapat bermanfaat dan menjadi pelajaran bagi warga miskin untuk berusaha jujur sehingga rumah yang diinginkan dapat terealisasi dengan baik.

”Kita juga sangat bersyukur semakin bertambahnya penghimpunan zakat di Aceh dan semoga terus meningkat tiap tahunnya. Ini berkat respon kepercayaan muzakki (pembayar zakat) untuk mendukung Baitul Mal di seluruh Propinsi Aceh dalam menuntaskan kemiskinan di sekitar kita,” ujarnya.