……………Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.(QS. Al Mujadalah: 11).

 

Pendidikan dalam islam sangatlah penting dimana menjadi sebuah sarana mencari kesejahteraan didunia dan di akhirat. Baitul Mal Aceh dalam hal ini memiliki komitmen yang kuat dalam mencerdaskan anak bangsa dan membantu memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu di Aceh..

Program Pendidikan mulai dirintis sejak tahun 2007 dengan sumber dana dari asnaf Ibnu Sabil dan asnaf Muallaf. Kriteria umum penerima beasiswa adalah pelajar/mahasiswa dari tingkat SD sampai dengan Perguruan Tinggi termasuk santri yang belajar di Pondok Pesantren yang berasal dari keluarga miskin/anak yatim. Sedangkan kriteria khusus ditentukan sesuai dengan program kegiatan yang dilaksanakan.

Terdapat 3 jenis program pendidikan yang ada di BMA yaitu :

  1. Beasiswa Penuh
  2. Bantuan Pendidikan Berkelanjutan
  3. Bantuan Keuangan Sekali Waktu

 

A. BEASISWA PENUH

1.BEASISWA PENUH TAHFIDH AL QURAN

Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Aceh yang berpendidikan dan berkualitas serta memahami dan mengamalkan Al-Quran sebagai pemimpin masa depan khususnya dari keluarga miskin. Komitmen Baitul Mal Aceh tersebut diwujudkan melalui pemberian bantuan pendanaan dalam bentuk beasiswa kepada putra-putri Aceh untuk studi lanjut pada program Tahfidz di sekolah-sekolah pilihan terbaik dan pada lembaga Tahfidz Al-Quran yang telah memenuhi kualifikasi Baitul Mal Aceh.

 

Program ini mulai dilaksanakan sejak tahun 2012. Sasaran penerima Beasiswa Penuh adalah calon siswa tingkat SMP dan SMA dan mahasiswa aktif di perguruan tinggi dari keluarga miskin yang mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program tahfidz Al Quran.

Berikut Nama-Nama Penerima Beasiswa Penuh Tahfidh Al Quran BMA Tahun 2015 (terlampir)

 2. BEASISWA PENUH ANAK MUALLAF DARI DAERAH RAWAN AQIDAH

Beasiswa ini bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar bagi anak-anak dari keluarga muallaf yang berasal dari daerah rawan aqidah. Selain itu, diharapkan juga agar mereka mendapatkan pemahaman Islam dengan lebih baik dan terjaga dari pengaruh keyakinan sebelumnya, serta lahirnya da’i yang berasal dari keluarga muallaf yang menjadi ujung tombak dakwah syiar Islam di daerah rawan aqidah. Anak dari keluarga muallaf ini akan disekolahkan di pesantren-pesantren modern yang ada di Aceh.

Sasaran penerima Beasiswa Penuh Muallaf adalah pelajar tingkat SLTP dan SLTA dari keluarga muallaf yang berdomisili di wilayah rawan akidah yaitu Aceh Singkil, Kota Subulussalam, Aceh Tenggara, Aceh Tamiang dan Simeulue.

Berikut nama-nama penerima beasiswa penuh anak muallaf binaan Baitul Mal Aceh

3. BEASISWA PENUH TINGKAT MAHASISWA

Program ini diberikan kepada pelajar yang telah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA dari keluarga miskin dengan tujuan untuk meningkatkan skill dan keterampilan. Mereka diharapkan dapat bersaing secara kompetitif dalam dunia kerja ketika lulus kuliah nantinya. Selain itu dengan adanya program beasiswa ini, diharapkan dapat memberikan hak dan kesempatan yang sama untuk setiap putra-putri Aceh dalam berprestasi dan memperoleh pendidikan yang layak serta dapat meringankan beban ekonomi bagi keluarga miskin dalam menyediakan kebutuhan pendidikan bagi anak mereka. Komitmen Baitul Mal Aceh tersebut diwujudkan melalui pemberian bantuan pendanaan dalam bentuk beasiswa kepada masyarakat untuk studi program D3 pada kampus yang telah memenuhi kualifikasi Baitul Mal Aceh.

 

B. BANTUAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN

Bantuan pendidikan ini bertujuan untuk meringankan kepala keluarga dalam menyediakan biaya pendukung pada kegiatan belajar. Bantuan pendidikan berupa uang saku yang diberikan setiap bulannya sampai wajib belajar menyelesaikan pendidikan pada tingkatan tertentu. Bantuan ini diberikan kepada 2 kelompok yaitu :

  1. Bantuan pendidikan berkelanjutan untuk anak dari keluarga Miskin
  2. Bantuan Pendidikan bekelanjutan untuk anak dari keluarga Muallaf

 

C. BANTUAN PENDIDIKAN SEKALI WAKTU

  1. BANTUAN PENDIDIKAN UNTUK MAHASISWA YANG MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR

Bantuan biaya pendidikan ini diberikan kepada mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dengan harapan dapat meringankan biaya yang dibutukan untuk pembuatan tugas akhir

 

  1. BANTUAN PENDIDIKAN SANTRI SE-ACEH

Bantuan pendidikan ini diberikan kepada santri yang sedang belajar di pesantren/dayah se Aceh