Baitul Mal Aceh Lakukan Pendataan Aset Wakaf di Aceh Utara

  • Share this:
post-title

Lhoksukon, baitulmal.acehprov.go.id - Baitul Mal Aceh (BMA) melakukan pendataan aset wakaf yang potensial untuk diproduktifkan di Aceh Utara, dari tanggal 20 hingga 24 Mei 2024. Pendataan ini dilakukan dengan bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) dan Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara melalui Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Aceh Utara.

Tenaga Profesional BMA, Shafwan Bendadeh, menjelaskan bahwa BMA telah menghimpun data wakaf di masyarakat di berbagai kabupaten/kota di Aceh sejak tahun 2021.

"Data yang ada ini kami manfaatkan untuk memberi bimbingan teknis bagi nazirnya dan jika layak, mereka akan mendapat dana stimulus untuk mulai mengembangkan wakaf produktif," jelas Shafwan.

Selama tahun 2022 dan 2023, BMA telah memberi stimulus untuk 14 nazir dengan total nilai bantuan sebesar Rp 1,26 miliar. Bantuan ini diharapkan dapat menggerakkan para nazir di seluruh Aceh untuk terus mengembangkan aset wakafnya agar produktif dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

Pendataan aset wakaf di Aceh Utara ini merupakan salah satu upaya BMA untuk meningkatkan pemberdayaan aset wakaf di Aceh. Dengan pengelolaan yang baik, wakaf dapat menjadi sumber pendanaan yang berkelanjutan untuk berbagai program kesejahteraan masyarakat.

Reporter: Tim Wakaf

Tags: