BMA Salurkan Bantuan Kebakaran Rp30 Juta untuk Pesantren Nurul Ulum Aceh Timur

  • Share this:
post-title

Pereulak – Baitul Mal Aceh (BMA) menyerahkan bantuan masa panik untuk korban kebakaran Dayah/Pesantren Nurul Ulum, Gampong Cot Keh, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur sebesar Rp30 juta, Jumat (30/7/2021). 

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis melalui amil Baitul Mal Kabupaten Aceh Timur yang diterima oleh Pimpinan Dayah/pesantren Nurul Ulum, Saifuddin di lokasi kebakaran. Dana yang bersumber dari zakat muzaki BMA tersebut telah ditransfer langsung ke rekening dayah. 

Pimpinan BMA, Mukhlis Sya’ya mengucapkan belasungkawa atas musibah yang menimpa dayah di Aceh Timur tersebut. Dengan bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban keluarga yang tengah berduka.

“BMA sebagai aparatur pemerintah ingin agar selalu dapat membersamai dalam segala permasalahan umat, apalagi dana yang kita kelola bersumber dari kepercayaan umat,” ujar Mukhlis.

Ia menyebutkan, bantuan dari senif garimin ini merupakan program insidentil rutin Baitul Mal Aceh setiap tahun untuk para korban musibah dan bencana alam seperti banjir, longsor, gempa bumi, kebakaran, serta bencana-bencana tidak terduga lainnya.

Mukhlis mengucapkan terima kasih kepada para muzaki yang telah mempercayakan BMA sebagai lembaga amil resmi Pemerintah Aceh. Ia mengajak kepada para masyarakat yang memiliki kelebihan harta untuk mengeluarkan kewajibannya agar lebih banyak masyarakat yang membutuhkan tersantuni dan terberdayakan melalui dana zakat.

Sebagai mana diinformasikan media setempat sebelumnya, sebanyak lima ruang asrama santri laki-laki di Pesantren Nurul Ulum, Gampong Cotkeh, Kecamatan Peureulak Kota, Aceh Timur, ludes terbakar, Selasa (13/7/2021).  

Kebakaran mulai terjadi pukul 14.00 WIB, dan sekitar pukul 15.00 WIB api berhasil dipadamkan menggunakan empat mobil pemadam kebakaran yang datang ke lokasi. 

Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Dayah Nurul Ulum sendiri di bawah Yayasan Dayah Nurul Hilal selama ini melaksanakan proses belajar mengajar untuk Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Nurul Ulum.[]