Sosialisasi SE Gubernur Tentang Setoran Zakat, Baitul Mal Aceh Kunjungi Suzuya Mall Bireuen dan Lhokseumawe

  • Share this:
post-title

Baitul Mal Aceh (BMA) melakukan sosialisasi Surat Edaran (SE) Gubernur Aceh Nomor 180/11860 tahun 2022 kepada manajemen Suzuya Mall Bireuen dan Lhokseumawe. 

SE tersebut berisikan Himbauan Menyetorkan Zakat ke Baitul Mal Aceh dan Membentuk Unit Pengumpul Zakat serta Melaporkan Zakat Secara Sukarela kepada Baitul Mal Aceh.

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 6 – 9 September 2022 itu dihadiri oleh Kasubbag Layanan dan Pengumpulan Anwar Ramli, SAg bersama TP BMA, Murdani SPdI dan staf Bidang Pengumpulan Taufiq Kulhadi SE dan Muzzammil, SHI.

Turut didampingi oleh Kepala Sekretariat BMK Bireuen Rusli, SKM, MKM dan Kasubbag Pengembangan Teknologi dan Informasi, Munizar SE.  Sedangkan di Kota Lhokseumawe bersama Kepala BMK Lhokseumawe Drs Bambang Suroso, MSi dan Kasubbag Pengembangan Informasi dan Teknologi, Badiuzzaman S.Sos

“Kegiatan ini dalam rangka pengembangan potensi zakat dan infaq di daerah. Untuk wilayah BMK Bireuen dan Lhokseumawe, kita mengunjungi Suzuya Mall yang merupakan pusat belanja milik Badan Usaha Swasta,” kata Kasubbag Layanan dan Pengumpulan, Anwar Ramli, SAg, Senin (12/9/2022).

Anwar Ramli mengatakan saat ini BMA melalui Bidang Pengumpulan gencar melakukan sosialisasi zakat dan infak kepada lembaga vertikal, BUMN/BUMA dan Badan Usaha Swasta lainnya yang berdomisili di wilayah Aceh. Dengan harapan akan menumbuhkan kesadaran dan semangat akan pentingnya untuk menunaikan zakat dan infak tersebut.

“Sinergisitas dan kerjasama yang baik tersebut tentunya akan memupuk kesadaran untuk menunaikan zakat atau infaknya kepada Baitul Mal yang merupakan lembaga resmi pemerintah. Selain itu juga mengandung nilai ibadah dan aspek sosial yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang berhak,” imbuhnya.

Kepala Sekretariat BMK Bireuen Rusli, SKM, MKM mengatakan BMK yang dipimpinnya itu juga telah melakukan sosialisasi kepada lembaga vertikal dan juga perusahaan-perusahaan yang ada di Kab. Bireuen. Ia berharap mareka juga akan menyetorkan zakat atau infaknya ke BMK Bireuen.

“Kami menyambut baik sosialisasi ini dengan harapan zakat dan infak yang terkumpul akan meningkat. Sehingga para mustahik yang kita bantu pun bisa meningkat pula,” kata Rusli.

Sementara itu Manajer Cabang Suzuya Mall Bireuen yang diwakili Human Resource Development (HRD) Erlisa Amalia diruang kerjanya mengatakan karyawan di pusat belanja tersebut berjumlah 75 orang dan mareka bergaji sesuai UMP. Selama ini para karyawan tersebut menyalurkan sendiri zakat atau infaknya yang ada disekitar mareka.

“Secara umum kami sangat mengapresiasi terkait adanya sosialisasi ini. Semoga berdampak positif dan terbangunnya kesadaran akan pentingnya menunaikan zakat atau infak,"ujarnya. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Manajer Cabang Suzuya Mall Lhokseumawe yang diwakili Human Resource Development (HRD) Ratna Kemalasari.

Pada kunjungan tersebut juga diserahkan secara simbolis brosur dan Surat Edaran Gubernur Aceh, yang menjadi pedoman bagi lembaga vertikal, BUMN/BUMA dan Badan Usaha Swasta lainnya yang berada di Aceh untuk menyetorkan zakat penghasilan karyawan kepada BMA/BMK setempat. (tim)