Baitul Mal Aceh Alokasikan Dana Zakat Rp4,6 miliar untuk Muallaf

  • Share this:
post-title

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh (BMA) pada tahun 2021 telah mengalokasikan anggaran dari dana zakat sebesar Rp4,6 miliar di asnaf muallaf. Kucuran sejumlah dana zakat tersebut untuk mendukung berbagai program. 

“Pada tahun ini, BMA telah mengalokasikan dana zakat Rp4,6 miliar lebih khusus untuk para muallaf dan keluarganya sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Ini merupakan bentuk perhatian serius pemerintah Aceh melalui BMA untuk para saudara kita yang muallaf,” kata Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden, Rabu (24/11/2021).

Rahmad Raden menjelaskan sejumlah dana zakat tersebut telah diperuntukan untuk berbagai program kegiatan, diantaranya beasiswa bagi anak muallaf jenjang SD sampai Sarjana.

Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak muallaf dari keluarga miskin dan meringankan beban ekonomi keluarga muallaf dalam menyediakan kebutuhan pendidikan dasar anaknya. 

“Juga memfasilitasi anak muallaf dari keluarga miskin untuk meningkatkan keilmuan dan pengetahuan umum. Memberikan hak dan kesempatan yang sama untuk anak muallaf dalam berprestasi. Mareka juga akan memperoleh pendidikan yang layak dan lebih tinggi,” kata Rahmad Raden.

Rahmad Raden menambahkan program lainnya adalah bantuan untuk muallaf yang baru masuk islam dan bantuan untuk pemberdayaan ekonomi muallaf. 

Untuk muallaf yang baru masuk islam selain kepada perseorangan, BMA juga akan memberikan bantuan kepada satu keluarga yang memeluk islam secara bersamaan. Selain itu BMA juga memberikan modal usaha produktif untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi para muallaf.

“Dengan adanya sejumlah bantuan untuk para muallaf tersebut akan dapat meningkatkan taraf hidup mareka ke arah yang lebih baik lagi. Sehingga nantinya kita berharap mareka akan dapat terbebas dari kemiskinan dan dapat hidup dengan layak,” kata Rahmad Raden.

[Murdani]