BMA Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Kutabaro

  • Share this:
post-title

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh (BMA) kembali menyerahkan bantuan masa panik kepada 4 Kepala Keluarga (KK) korban kebakaran di Gampong Alue Cut, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar. 

Bantuan berupa uang tunai tersebut diantar langsung oleh Anggota Badan BMA, Mukhlis Sya’ya bersama tim BaGAH BMA, Jumat (30/12/2022). 

“Alhamdulillah, BMA kembali menyalurkan bantuan masa panik untuk 4 KK korban kebakaran di Kutabaro. Yang mengalami rusak berat dibantu Rp3 juta sedangkan rusak ringan Rp1,5 juta.Total bantuannya mencapai Rp9 juta yang bersumber dari alokasi dana zakat senif gharimin tahun anggaran 2022,” kata Mukhlis Sya’ya.

Mukhlis menambahkan setiap tahunnya BMA menganggarkan dana zakat tersebut untuk korban bencana alam dan bencana kemanusiaan, seperti; gempa bumi, longsor, tsunami, kebakaran, dan musibah bencana alam lainnya yang datang tidak pernah diduga. 

“Maka bantuan seperti ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kita berharap dengan bantuan ini dapat meringankan beban para korban yang baru saja terkena musibah. Walaupun tidak banyak setidaknya dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak,” ungkap Mukhlis.

Mukhlis menambahkan bantuan yang disalurkan tersebut bukanlah bantuan pribadi. Akan tetapi merupakan amanah yang dititipkan oleh para muzaki yang telah membayarkan zakatnya melalui BMA. 

“Kami dari BMA hanyalah para amil yang bertugas mengantarkan bantuan tersebut untuk para korban kebakaran. Nominalnya pun tidak terlalu besar dan kami berharap bisa dipakai untuk kebutuhan hidupnya.,” jelas Mukhlis. 

Tak lupa Mukhlis meminta kepada mustahik (penerima bantuan) untuk mendoakan para muzaki yang telah memercayakan zakatnya melalui Baitul Mal Aceh. Semoga Allah memberkahi rezeki para muzaki dan diberikan kemudahan dalam segala urusan sehingga lebih banyak lagi mustahik dapat dibantu. 

“Kepada para korban kebakaran, doa kami mudah-mudahan cepat pulih traumanya, senantiasa dilindungi dan dalam ridha Allah SWT,” pungkas Mukhlis Sya'ya.

Seperti diketahui pada Rabu (28/12/2022) empat unit rumah berkonstruksi permanen dan semipermanen sekitar pukul 17.00 wib terbakar di Gampong Alue Cut, Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar. 

Dari empat rumah yang terbakar itu, dua di antaranya mengalami rusak ringan, dan dua lagi hangus dengan kondisi rusak berat.[]

Reporter: Murdani