Peserta Pelatihan Teknisi AC BMA Ikuti Ujian Prakompetensi

  • Share this:
post-title

Banda Aceh – Sebanyak 16 peserta pelatihan teknisi AC (refrigeration) Baitul Mal Aceh (BMA) dari keluarga miskin yang sedang mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Banda Aceh memasuki tahap akhir. Para peserta mulai mengikuti ujian prakompetensi, Rabu (10/11/2021).

Salah seorang instruktur BLK Banda Aceh, Iskandar mengatakan, pada akhir pekan ini para siswa akan mengikuti ujian kompetensi. Sebelum menghadapi ujian yang sesunguhnya, para siswa diuji terlebih dahulu untuk kesiapan mereka setelah mengikuti pelatihan sebulan penuh.

“Nanti ada pihak lain yang akan menguji mereka sehingga mereka berhak mendapatkan sertifikat kompetensi,” jelas Iskandar.

Namun begitu, kata Iskandar, bukan berarti yang tidak lulus ujian mereka tidak memiliki kompetensi. Pasalnya ada juga siswa yang gerogi atau kurang percaya diri saat ujian, padahal secara kompetensi mereka sudah mampu. Artinya walaupun ada yang tidak lulus, tetapi rata-rata mereka sudah memiliki keterampilan.

Ia menambahkan, selama sebulan penuh para siswa sudah belajar dengan maksimal. Para siswa tidak hanya diajarkan teknis semata, melain juga etika-etika dalam berkerja, karena mereka akan masuk ke ruangan-ruangan privasi orang.

“Setiap peserta memiliki tingkat penyerapan materi yang berbeda. Harapan kita mereka dapat menyerap materi di atas 80 persen,” tambah Iskandar.

Sementara itu, Ketua Badan BMA, Prof Nazaruddin A Wahid mengucapkan terima kasih kepada pihak BLK Banda Aceh yang sudah mendidik calon mustahik BMA. Setelah memiliki skills, para peserta pelatihan nanti akan diberikan peralatan kerja dari BMA.

“Setelah mereka kita latih dan mempunya kompetensi, maka tugas kita selanjutnya mendukung mereka supaya dapat menambah dan meningkatkan penghasilan sehingga mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Aceh,” ungkap Prof Nazar.

Prof menginginkan kerjasama dengan lembaga seperti BLK ini terus berlanjut, sehingga semakin banyak masyarakat miskin yang dapat dilatih ketrampilan kerja. 

Pelatihan untuk teknisi refrigeration Kerjasama BMA dengan BLK Banda Aceh dilaksanakan selama 33 hari, sejak 27 September hingga 15 Oktober 2021. Di akhir pelatihan siswa akan mengikuti ujian sertifikasi dan penutupan.

[Hayat]