ZAKAT FAMILY DEVELOPMENT/ZFD

  • Share this:

1. Tujuan

Tujuan dari kegiatan ini adalah mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian keluarga miskin yang ada di Provinsi Aceh.

2. Sasaran

Sasaran dari kegiatan ini adalah keluarga miskin di Provinsi Aceh yang membutuhkan intervensi di beberapa aspek kebutuhan

hidupnya.

3. Hasil yang Diharapkan

Dari pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan terwujudnya kesejahteraan dan kemandirian keluarga mustahik yang mendapatkan bantuan.

4. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan ini dilaksanakan pada tahun anggaran 2022.

5. Kriteria Mustahik dan Kelengkapan Administrasi

a. Berstatus keluarga fakir/miskin yang penghasilan per bulan dibawah 1/3 (satu per tiga) nishab zakat atau setara Rp2.300.000 (dua juta tiga ratus ribu rupiah);

b. Taat beribadah kepada Allah SWT;

c. Berdomisili di Provinsi Aceh;

d. Memiliki embrio usaha atau mempunyai kemauan yang kuat dan keterampilan/pengalaman yang sesuai dengan usaha yang akan dijalankan;

e. Diprioritaskan bagi:

1) Penyandang disabilitas;

2) Keluarga yang memiliki tanggungan lebih dari 3 (tiga) orang (1 istri, 2 anak);

3) Janda yang memiliki tanggungan;

4) Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT);

5) Korban konflik;

6) Menempati rumah yang tidak layak huni;

7) Keluarga yang kepala keluarganya sudah tidak produktif (seperti tua, sakit kronis);

8) Diutamakan bagi yang aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan keagamaan di gampong.

f. Tidak merokok/berkomitmen untuk berhenti merokok;

g. Tidak memiliki hubungan karib/kerabat dekat (keluarga inti) dengan Amil BMA atau Pejabat Pemerintah Aceh;

h. Bersedia mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh BMA;

i. Memenuhi kelengkapan administrasi sebagai berikut:

    1) Fotokopi KTP/identitas resmi lainnya;

    2) Fotokopi Kartu Keluarga;

    3) Fotokopi Buku Rekening Bank Aceh Syariah yang aktif atas nama mustahik;

    4) Surat Keterangan Kurang Mampu dari Keuchik;

    5) Pas photo ukuran 3x4 1 (satu) lembar;

    6) Surat Permohonan Bantuan;

    7) Rencana penggunaan dana dan usaha yang akan dijalankan.


6. Pendataan, Verifikasi dan Validasi

a. Tim Pelaksana Kegiatan melaksanakan pendataan dan verifikasi mustahik calon penerima bantuan;

b. Pendataan dapat dilaksanakan dengan cara:

    1) Pendataan langsung, yaitu masyarakat miskin mengajukan permohonan secara mandiri kepada BMA atau usulan dari lembaga/instansi terkait;

     2) Data yang diperoleh Amil BMA ketika turun ke lapangan;

     3) Data yang diperoleh dari informasi media sosial, media cetak dan media elektronik.

c. Ruang lingkup tugas Tim Pelaksana Kegiatan antara lain:

     1) Merekap data yang telah di disposisi oleh Kepala Bagian Pemberdayaan Sekretariat BMA;

     2) Melakukan asesmen dan pemetaan kebutuhan keluarga yang akan diintervensi;

     3) Melakukan verifikasi dan validasi mustahik dengan mengunjungi dan mewawancarai langsung mustahik dan pihak terkait;

     4) Melakukan analisa bentuk bantuan yang akan diberikan.

d. Tim pelaksana kegiatan mempersiapkan dan menyerahkan Daftar Hasil Verifikasi (DHV) kepada kepala Sekretariat BMA melalui Bagian Pemberdayaan.