A. PROGRAM ZIS PRODUKTIF

Baitul Mal Aceh terus berkomitmen mengelola zakat ke arah produktif untuk memberikan kesempatan kepada wirausahawan kecil agar terus berkembang, produktif dan mandiri.

Program ZIS produktif Baitul Mal Aceh mulai diperkenalkan tahun 2006 dengan sumber dana zakat asnaf miskin. Kurun waktu 10 tahun (2006 – 2015) sudah membina 2083 mustahik kelompok usaha kecil di Banda Aceh dan Aceh Besar dengan kategori usaha  petani palawija, pedagang kecil, home industri, peternakan dan bantuan becak motor.

Pemberian modal usaha Baitul Mal Aceh memberikan banyak kemudahan bagi mustahik untuk mengaksesnya. Kemudahan yang didapatkan adalah modal usaha dalam bentuk pinjaman lunak/qardul hasan, tanpa bunga dan tanpa jaminan. Kemudahan ini diberikan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri mustahik dan melepaskan pedagang kecil dari ketergantungan pada rentenir.

B. PEMBERIAN MODAL USAHA KEPADA MASYARAKAT MISKIN MELALUI BAITUL MAL GAMPONG

Bantuan ini bertujuan untuk memberikan stimulus (rangsangan) kepada Baitul Mal Gampong untuk lebih maksimal dalam pengelolaan zakat yang ada di Gampong dan memberikan bantuan modal usaha bagi masyarakat miskin yang ada di gampong guna meningkatkan pendapatan keluarga miskin yang berdomisili di wilayah kerja BMG.

C. BANTUAN ALAT-ALAT KERJA

D. PELATIHAN LIFE SKILL

Pelatihan life skill diselenggarakan oleh Baitul Mal Aceh dengan bekerjasama dengan lembaga yang berkompeten untuk melakukan pelatihan dengan tujuan meningkatkan kualitas generasi muda agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan sehingga dapat mandiri. Pelatihan ini juga sebagai alternative pendidikan non formal untuk remaja/pemuda putus sekolah.

Pelatihan life skill yang dilakukan Baitul Mal Aceh yaitu :

  1. Pelatihan Baby Sitter
  2. Pelatihan Komputer
  3. Pelatihan untuk anak berkebutuhan khusus
  4. Pelatihan keterampilan berkarakter

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat menciptakan SDM terampil dari keluarga kurang mampu yang siap terjun ke dunia kerja.