BMA Perbaiki 47 Sanitasi dan Air Bersih Keluarga Miskin di Bener Meriah

  • Share this:
post-title

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh (BMA)  menyalurkan bantuan perbaikan sanitasi dan air bersih untuk 47 keluarga miskin  di Kabupaten Bener Meriah. Setiap keluarga mendapatkan bantuan sebesar Rp7,5 juta dengan total anggaran zakat  Rp352,5 juta.

Anggota Badan BMA, Mukhlis Sya’ya, Rabu (21/12/2022) mengatakan, bantuan tersebut khusus digunakan untuk pembangunan jamban yang layak dan sehat. Sebab, salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan adalah kebersihan jamban.

“Bantuan tersebut telah ditransfer langsung ke rekening masing-masing mustahik. Untuk proses penarikannya didampingi oleh pendamping dari Baitul Mal Kabupaten setempat,” kata Mukhlis Sya’ya.

Mukhlis menambahkan, pembangunan jamban tersebut sudah selesai dilaksanakan dan mustahik pun dapat menggunakannya. Adapun dalam pelaksanaannya  melibatkan langsung mustahik penerima bantuan.

Sementara itu, Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden menjelaskan, tujuan utama  program bantuan perbaikan sanitasi dan air bersih untuk membantu masyarakat miskin di Aceh agar keluar dari kebiasaan buang air besar sembarangan (BABS) dan membantu mereka  mendapatkan akses air bersih yang layak dikonsumsi. 

Selain itu  mengurangi risiko stunting pada keluarga miskin di Aceh melalui perbaikan fasilitas sanitasi dan air bersih.

“Kita berharap, dengan program tersebut akan tersedianya instalasi air bersih dan sarana jamban yang layak untuk masyarakat miskin. Juga  menurunnya angka penderita penyakit yang diakibatkan air tidak bersih dan perilaku BABS, khususnya pengurangan stunting di Aceh,” pungkas Rahmad Raden.

Laporan: Murdani

Editor: Sayed MH