Gali Potensi Zakat dan Infak di Daerah, BMA Kunjungi BMK Abdya dan BMK Aceh Selatan

  • Share this:
post-title

Banda Aceh --- Dalam rangka pengembangan potensi zakat dan infaq di daerah, Baitul Mal Aceh (BMA) mengunjungi Baitul Mal Kabupaten/Kota (BMK) Abdya dan Aceh Selatan. 

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 23 – 26 Agustus 2022 yang lalu itu dihadiri oleh Kasubbag Pengembangan Potensi Zakat dan Infak, Drs Permata bersama staf Bidang Pengumpulan diantaranya Jalinus, S.Pd, M.Si, Cut Nur Ika Sari, A.Md dan Harmizal M Jamil.

Kasubbag Pengembangan Potensi Zakat dan Infak, Drs Permata, Jumat (2/9/2022) mengatakan BMK merasa terbantu dengan adanya Surat Edaran (SE) Gubernur Aceh Nomor 180/11860 tentang Himbauan Menyetorkan Zakat ke Baitul Mal Aceh dan Membentuk Unit Pengumpul Zakat serta Melaporkan Zakat Secara Sukarela kepada BMA. Sehingga diharapkan dengan SE tersebut, pengumpulan zakat bisa lebih meningkat lagi. 

“SE itu juga akan menjadi rujukan bagi BMK Abdya dan Aceh Selatan untuk segera menyusun draf Perbup terkait dengan penyetorkan zakat dan pembentukan UPZ pada Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD di kabupaten tersebut,” kata Permata.

Permata menjelaskan dalam pertemuan tersebut BMK Abdya dan Aceh Selatan juga mengharapkan adanya penguatan dan singkronisasi antara BMA dan BMK dalam hal pengumpulan zakat, infak, wakaf dan harta keagamaan lainnya. Dengan demikian penerimaan di BMK tersebut akan ada peningkatan yang maksimal.

“Selain itu BMK Abdya dan Aceh Selatan akan mengadopsi langkah-langkah dan program-program lainnya yang dijalankan oleh BMA. Sehingga dengan meningkatnya pengumpulan zakat dan infak di kabupaten meraka, akan banyak juga mustahik yang bisa di bantu. Dan tentunya juga akan dapat menambah untuk Pendapatan Asli Daerah di Kab/Kota,” pungkas Permata.

Reporter: Murdani