BMA Khitan 30 Anak Keluarga Miskin di Lembah Seulawah

  • Share this:
post-title

Aceh Besar -- Baitul Mal Aceh (BMA) bekerjasama dengan LSM Puan Addisa menggelar acara khitanan massal gratis kepada 30 anak dari keluarga miskin yang bertempat di Puskesmas Lembah Seulawah, Jln Banda Aceh – Medan KM 70 Saree, Kec. Lembah Seulawah, Kab. Aceh Besar, Rabu (20/4/2022). 

Turut dihadiri oleh Anggota Badan BMA Mukhlis Sya’ya, Camat, Kapolsek dan Danramil Kec. Lembah Seulawah serta orang tua dari anak-anak yang dikhitan.

Ketua LSM Puan Addisa, Cut Rosdiana mengatakan kegiatan sosial tersebut berlangsung dari pagi hingga siang hari dengan melibatkan tim medis dari Puskesmas Lembah Seulawah yang terdiri atas seorang dokter dan dibantu oleh 7 orang perawat.

“Alhamdulillah, khitanan massal dapat terlaksana dengan baik dan sempurna. Total jumlah anak yang di khitan bertambah menjadi 30 orang dari 25 orang yang direncanakan,” kata Cut Rosdiana.

Cut Rosdiana menambahkan semua anak-anak yang di khitan tersebut berasal dari keluarga miskin di gampong-gampong dari Kec. Lembah Seulawah, Kab. Aceh Besar. Adapun untuk pendataannya dibantu oleh pihak kecamatan setempat.

“Dua atau tiga hari pasca di khitan, mareka nantinya akan kembali lagi ke Puskesmas untuk pemeriksaan ulang. Kepada anak-anak yang dikhitan, kita juga menyerahkan bingkisan berupa sajadah dan kain sarung,” kata Cut Rosdiana.

Anggota Badan BMA Mukhlis Sya’ya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan LSM Puan Addisa dalam membantu fasilitasi anak-anak dari keluarga kurang mampu untuk diberikan khitanan secara gratis dari dana zakat yang dikelola oleh BMA.

“BMA sangat menyambut baik kegiatan-kegiatan yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh keluarga mustahik. Dana untuk kegiatan tersebut merupakan zakat dari para muzakki yang menyetorkan zakatnya melalui BMA,” kata Mukhlis Sya’ya.

Ia menambahkan apa yang dilakukan oleh dilakukan LSM Puan Addisa ini juga telah memperluas cakupan manfaat dari dana zakat yang dikelola oleh BMA, mudah-mudahan ini menjadi amal jariah bagi semua yang terlibat dalam kegiatan mulia itu

“Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada muzaki yang telah memercayakan zakatnya melalui Baitul Mal Aceh. Semoga Allah memberkahi rezeki para muzaki dan diberikan kemudahan dalam segala urusan sehingga lebih banyak lagi mustahik dapat dibantu,” pungkas Mukhlis Sya’ya.

Sementara itu Nurleli (37) yang anaknya juga ikut dikhitan sangat bersyukur dan berterima kasih atas pelaksanaan kegiatan tersebut. IRT itu menuturkan khitanan gratis tersebut sangat bermanfaat bagi anak dan keluarganya. [murdani]