29 Keluarga di Lamteuba Terima Bantuan Perbaikan Sanitasi dan Air Bersih dari BMA

  • Share this:
post-title

Aceh Besar, baitulmal.acehprov.go.id - Sebanyak 29 keluarga di Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar, menerima Bantuan Perbaikan Sanitasi dan Air Bersih dari Baitul Mal Aceh (BMA) pada Senin (30/10/2023). Mereka berasal dari Gampong Lamteuba Droe, Gampong Ateuk, dan Gampong Lam Apeng. Masing-masing mustahik menerima dana zakat sebesar Rp8,5 juta. 

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Anggota Badan BMA, Muhammad Ikhsan, bersama Kasubag Pendistribusian Sekretariat BMA, Yuwita. Tim BMA lainnya ikut memberi pengarahan teknis tentang pembangunan jamban sehat kepada semua mustahik. Acara ini juga dihadiri BKKBN Aceh, BMK Aceh Besar, dan aparatur gampong setempat.

Dalam sambutannya, Muhammad Ikhsan mengatakan bahwa bantuan BMA untuk perbaikan sanitasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat miskin.

"Kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangun jamban sehat yang layak dan sesuai standar," ujar Muhammad Ikhsan.

Yuwita menambahkan bahwa para penerima bantuan zakat ini membangun jamban sehat secara swakelola sesuai petunjuk teknis yang telah disediakan oleh BMA. 

"Waktu penyelesaian pembangunan jamban yang ditargetkan adalah sebulan," jelas Yuwita, "dan kami berharap pengawasan aktif dari aparatur gampong dan BMK Aceh Besar."

Keuchik Lamteuba Droe, Karjani, mengucapkan terima kasih kepada BMA atas bantuan yang diberikan. Ia berharap saat rampung nanti, warganya mulai membiasakan diri menggunakan jamban sehat.

"Kami akan mengawasi dan memastikan agar bantuan ini tepat sasaran dan dimanfaatkan sebaik-baiknya," ujar Karjani.

Pembangunan jamban sehat merupakan salah satu program prioritas BMA dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat miskin di Aceh. Dengan adanya jamban sehat, diharapkan dapat mencegah penyebaran penyakit dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Reporter: Ade Irnami
Editor: Arif Arham