Bimbingan Materi bagi Penerima Beasiswa SKSS

  • Share this:
post-title

Banda Aceh – Sebanyak 90 mahasiswa penerima beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) Baitul Mal Aceh mengikuti bimbingan materi di Aula Baitul Mal Aceh, Senin (20/03/2017).

Kepala Baitul Mal Aceh Dr Armiadi Musa MA yang mengisi bimbingan tersebut menjelaskan kepada penerima yang lulus verifikasi agar memiliki komitmen dengan semua aturan yang diberlakukan untuk beasiswa ini.

Selain itu ia juga menjelaskan tentang Baitul Mal Aceh dan perannya selama ini. Begitu juga mahasiswa penerima beasiswa ini diminta agar ke depan selesai sarjana dan mendapatkan penghasilan.?

“Baitul Mal merupakan lembaga zakat yang dikumpulkan zakatnya yang saat ini masih dominan dari Pegawai Pemerintah. Setelah dikumpulkan zakat itu disalurkan ke asnaf-asnaf yang sudah ditentukan dalam Islam,” jelas Armiadi.

Armiadi menjelaskan, uang yang diberikan kepada penerima beasiswa SKSS ini adalah uang zakat, tentu tanggungjawab seorang mustahik itu mendoakan kepada Allah agar rezeki para muzakki yang membayar zakat itu agar diberkahi rezeki dan ditambahkan rezeki mereka.

“Namun tujuan utamanya agar mereka menjadi sarjana dan mendapatkan penghasilan sehingga dapat memotong mata rantai kemiskinan,” tandasnya.?

Armiadi menegaskan kepada penerima SKSS perlu mengingat apa yang sudah ditandatangani dalam naskah perjanjian. Dan semua persyaratan selama menjalani beasiswa tersebut dapat dipatuhi, jika tidak akan dikenakan sanki yaitu diputuskan beasiswa tersebut.

Salah seorang penerima bertanya, mengapa beasiswa ini hanya diberika kepada mahasiswa UIN Ar-Raniry dan Unsyiah saja, Armiadi menjawab? karena penerima banyak, sementara zakat masih terbatas.

“Untuk awal program kita ambil dua kampus ini dulu, kita berharap ke depan dapat direkrut dari kampus-kampus lain. Tapi untuk program beasiswa lain seperti beasiswa tugas akhir hampir semua kampus di Banda Aceh mendapatkannya,” tambahnya.

IMG_8353Sementara itu, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, T Sulaiman SE yang yang juga hadir pada bimbingan materi bagi mahasiswa penerima SKSS mengatakan sangat terkesan melihat selama ini mahasiswa sudah mendapat beasiswa dari banyak pihak.

“Mudah-mudahan apa yang diprogramkan oleh Baitul Mal Aceh bermanfaat. Maka kami berharap kepada penerima agar memanfaatkan dengan serius beasiswa ini semoga ke depan dapat dilaksanakan buat mahasiswa lain,” tutupnya.?[]