BMA Gelar Lomba Menulis, Total Hadiah Rp15,5 Juta

  • Share this:
post-title

Banda Aceh -  Baitul Mal Aceh (BMA) menggelar lomba menulis yang mengangkat tema tentang zakat. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan literasi zakat bagi masyarakat Aceh yang kemudian dirangkai dalam bentuk tulisan.

Anggota Badan Baitul Mal Aceh, A. Rani Usman, mengatakan selain untuk meningkatkan literasi zakat, lomba menulis ini juga untuk menggalang pendapat dari publik tentang zakat, pengelolaan zakat, dan program-program zakat di Baitul Mal Aceh. Harapannya, tulisan para kontestan nantinya dapat menjadi inspirasi dalam membuat kebijakan di Baitul Mal Aceh.

“Saya berharap nanti akan lahir ide-ide dan pemikiran baru tentang zakat demi pengembangan Baitul Mal Aceh ke depan. Di samping itu juga sebagai media sosialisasi kepada masyarakat. Karya-karya terbaik nantinya juga akan dibukukan oleh Baitul Mal Aceh,” ungkap A. Rani Usman.

Ada pun subtema dalam lomba ini sebagai berikut:

1) Menggalakkan Zakat Produktif.

2) Zakat Profesi di Era Digital.

3) Dampak Zakat Produktif Baitul Mal Aceh.

Untuk struktur tulisan itu sendiri, yaitu mengandung unsur pendahuluan, kajian teoritis, pembahasan, penutup, dan kesimpulan. Tulisan-tulisan itu nantinya akan dinilai oleh dewan juri yang profesional, yaitu Yarmen Dinamika dari unsur media; Fauzan Santa dari unsur akademisi dan sineas; dan Sayed Muhammad Husen dari unsur internal Baitul Mal Aceh.

Ada pun syarat-syaratnya sebagai berikut:

1) Berdomisili di Provinsi Aceh (dibuktikan dengan scan KTP/KK).

2) Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran dan surat pernyataan keaslian karya tulis.

3) Karya tulis merupakan karya asli (orisinal) yang belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan apa pun dan belum pernah dipublikasikan yang dibuktikan dengan Surat Pernyataan Keaslian Karya Tulis.

4) Penulisan berbentuk artikel, ditulis menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan data yang dapat  dipertanggungjawabkan.

5) Karya tulis dibuat dalam dokumen Microsoft Word dengan ukuran kertas A4, bentuk huruf Times New Roman 12, spasi 1,5.

6) Panjang tulisan 1.500 sampai 2.500 kata.

7) Karya tulis harus sesuai dengan salah satu subtema yang ditentukan.

8) Karya tulis wajib mencantumkan minimal 1 (satu) referensi ilmiah yang berkaitan dengan subtema yang dipilih (buku, jurnal, white paper dan referensi ilmiah lainnya).

9) Karya tulis menjadi hak milik Baitul Mal Aceh.

10) Peserta mengirimkan karya tulis disertai dengan scan KTP/KK, Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan Keaslian Tulisan yang telah ditandatangani melalui email panitia.

Untuk tatacara pendaftarannya, peserta wajib mengikuti salah satu akun media sosial Baitul Mal Aceh (Youtube, Twitter dan Instagram). Peserta membuat dan menandatangani surat pernyataan keaslian karya dengan membubuhkan materai 10.000 (format bebas). Peserta mengirimkan naskah, bukti tangkap layar (screenshot) telah mengikuti akun sosial media Baitul Mal Aceh, surat penyataan dan scan KTP melalui link: bit.ly/lombazakat2023, batas waktu hingga tanggal 31 Agustus 2023, pukul 23.59 WIB.

Adapun pengumuman pemenang akan dipublikasikan pada 15-17 September 2023 melalui sosial media dan website Baitul Mal Aceh. Jika di kemudian hari ada perubahan jadwal pengumuman pemenang akan disampaikan melalui sosial media Baitul Mal Aceh.

Reporter: Hayatullah Pase
Editor: Arif Arham