BMA Bantu Pengembangan Wakaf Tgk. Mahmud Po Peng di Idi Rayeuk

  • Share this:
post-title

Aceh Timur, 15 Juni 2023 - Baitul Mal Aceh (BMA) mendorong penggunaan aset wakaf untuk kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, BMA telah memulai inisiatif yang bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan aset wakaf sejak tahun 2021.

Setelah melakukan pendataan, memberikan bimbingan teknis, dan melakukan verifikasi lapangan, BMA memberikan bantuan modal kepada nazir-nazir wakaf. Salah-satu penerima bantuan ini adalah Nazir Wakaf Al-Jamiyatul Washliyah di Gampong Jawa, Aceh Timur.

Pada tahun 2022, Nazir Wakaf Al-Jamiyatul Washliyah menerima bantuan dana infak yang digunakan untuk mengembangkan tanah yang diwakafkan Tgk. Mahmud Po Peng. Dana stimulus ini digunakan untuk membangun satu toko.

Bersama dua pintu toko sebelumnya yang telah ada, toko yang dibangun dari bantuan BMA sekarang sudah mulai disewakan untuk kegiatan jual beli kelontong selama dua tahun. Pendapatan yang diperoleh dari penyewaan toko tersebut nanti akan disalurkan sebagai "maukuf 'alaih" untuk pendidikan anak-anak yatim, fakir, dan miskin.

Program stimulus wakaf BMA telah menunjukkan manfaat yang signifikan bagi masyarakat. Pendapatan dari hasil usaha di tanah wakaf tidak hanya memberikan keuntungan finansial bagi nazir, tetapi juga bakal memberikan dampak positif dalam mendukung ekonomi dan pendidikan kaum dhuafa  di daerah tersebut.

Dalam upaya untuk terus mendorong penggunaan aset wakaf untuk kegiatan produktif, BMA berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada nazir-nazir wakaf lainnya. Melalui program ini, diharapkan akan semakin banyak aset wakaf yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat dan pembangunan masyarakat Aceh secara keseluruhan.

BMA mengundang semua pihak yang memiliki aset wakaf yang belum dimanfaatkan secara optimal untuk berpartisipasi dalam program ini. Para nazir yang belum memiliki SK dan Akta Ikrar Wakaf dapat berkonsultasi pada Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. Begitu pula untuk sertifikat tanah wakaf, para nazir dapat meminta bantuan BPN di kabupaten/kota masing-masing.

Sebagai informasi, BMA akan mengadakan workshop wakaf pada tanggal 11-12 Juli 2023 yang melibatkan BMA, Baitul Mal Kabupaten/Kota (BMK), Badan Wakaf Indonesia (BWI) Aceh, Kementerian Agama, dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan bersama-sama, pendayagunaan potensi aset wakaf dapat diwujudkan untuk kepentingan kesejahteraan umat.

Reporter: Muzzammil
Editor: Arif Arham


Tags: