Pelatihan Berakhir, Amil BMA Diharap Lebih Profesional

  • Share this:
post-title

Banda Aceh, baitulmal.acehprov.go.id -- Pelatihan kompetensi dan sertifikasi amil Baitul Mal Aceh (BMA) skema kualifikasi 3 bidang pengelolaan zakat yaitu pengumpulan, pendistribusian, dan operasional yang berlangsung di aula BPSDM Aceh telah berakhir, Sabtu (25/11/2026). Kegiatan yang berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 21 sd 25 November 2023, itu diikuti sebanyak 30 amil dan merupakan program kerjasama BMA dengan BPSDM Aceh dan LSP Baznas.

Pelatihan difasilitasi oleh tenaga pengajar dari Pusdiklat Baznas RI, diantaranya Herry Wibowo dan Moch Karya Nugraha. Pada hari terakhir, peserta mengikuti ujian tulis dan ujian observasi. Ujian tersebut diuji langsung oleh tim asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Baznas RI yang dipimpin Kepala LSP Baznas, Sarniti, bersama asesor lainnya, yaitu Herlina Wijayanti, Muhammad Munanto, dan Supiyan. 

Anggota Badan BMA, Khairina, saat penutupan mengungkapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada BPSDM Aceh, Pusdiklat Baznas, dan juga LSP Baznas atas terselenggaranya pelatihan kompetensi amil tersebut.

“Alhamdulillah, dengan adanya pelatihan kompetensi ini kita akan makin bersemangat dalam meningkatkan potensi diri kita untuk menjadi amil yang profesional seperti taglinenya BMA,” kata Khairina.

Khairina menambahkan bahwa BMA berkomitmen untuk mengadakan pelatihan dan uji kompetensi seperti ini di masa mendatang dengan melibatkan para amil dari Baitul Mal Kabupaten/Kota. 

“Nantinya, Baitul Mal akan tampil sebagai lembaga yang berkompeten dan memiliki semangat yang sama baik di semua level layanan amil,” harap Khairina.

Sementara itu, Sarniti menjelaskan bahwa apapun posisi amil dan bidang penempatannya, haruslah memahami prinsip-prinsip dasar dalam pengelolaan zakat yang sesuai dengan syariat dan juga sesuai dengan regulasi. 

“Kompetensi itu mencakup tiga aspek, yaitu pengetahuan, skill (keahlian) dan attitude (sikap). Seseorang dikatakan kompeten kalau sudah memiliki ketiga aspek tersebut, dan ini perlu ditingkatkan kualitasnya terus menerus,” pungkas Sarniti.

Reporter: Murdani
Editor: Arif Arham

Tags: