Aqil, Penerima Beasiswa Mualaf Baitul Mal Aceh Bekerja di Perusahaan Internasional

  • Share this:
post-title

Banda Aceh, baitulmal.acehprov.go.id - Aqil Fiqran Dzi Ul Haq S.Kom. (23) merupakan penerima bantuan beasiswa penuh mualaf Baitul Mal Aceh (BMA) tahun 2017 pada Jurusan Informatika, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Dengan zakat, ia menyelesaikan studinya dengan baik. Alhamdulillah, kini Aqil telah diterima bekerja di salah satu perusahaan Singapura yang mempunyai cabang di Jakarta Selatan, yaitu PT. Xcidic Mobile Developer. Namun, Aqil dapat bekerja dari mana saja (work from everywhere).

Selama bekerja di perusahaan tersebut, Aqil telah menciptakan beberapa aplikasi seperti Aplikasi Edukasi (Tuut), dan sewa venue lapangan (Gelora), yang saat ini aplikasi tersebut telah di unduh oleh ratusan pengguna.

Aqil yang juga merupakan tulang punggung keluarga ini tinggal bersama orang tua dan adik adiknya di Lamjamee, Banda Aceh. Motivasi Aqil belajar dan bekerja adalah untuk beribadah dan membahagiakan kedua orang tuanya.

Saat ditemui oleh tim liputan BMA, Rabu (01/11/2023), Aqil tampak bersemangat dan berharap semoga bantuan beasiswa dari seperti yang diterimanya dulu semakin banyak melahirkan programer-programer handal dan hebat untuk membangun Aceh. Hal ini dikarenakan banyak mualaf yang memiliki potensi dan semangat untuk belajar, namun terkendala oleh biaya.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas bantuan beasiswa dari Baitul Mal Aceh. Bantuan ini sangat membantu saya untuk menyelesaikan pendidikan dan mewujudkan cita-cita saya menjadi seorang programer," ujar Aqil sumringah. 

Aqil berharap semoga bantuan beasiswa dari Baitul Mal Aceh bagi para mualaf dapat melahirkan muzaki baru yang zakatnya dapat memberdayakan ekonomi masyarakat.

Kasubag Sosialisasi dan Advokasi Sekretariat BMA, Chairai Yarah, mengatakan bahwa peran alumni penerima beasiswa BMA cukup penting dalam rangka memberi testimoni tentang pemanfaatan zakat untuk kemaslahatan umat.

"Kita berharap tingkat kepercayaan muzaki kepada Baitul Mal semakin tinggi karena terbukti bahwa zakat mereka telah membantu anak muda seperti Aqil," pungkas Yara.

Reporter: Rima Yuliza
Editor: Arif Arham