Baitul Mal Aceh Salurkan Rp1,369 Miliar untuk 245 Muallaf

  • Share this:
post-title

Banda Aceh- Baitul Mal Aceh (BMA) telah menyalurkan bantuan untuk program muallaf berdaya sebesar Rp1,369 miliar untuk 245 muallaf se Aceh. Muallaf yang dibantu tersebut merupakan hasil verifikasi faktual yang dilakukan oleh tim verifikasi BMA kepada 448 muallaf yang mengajukan permohonan.

“Bantuan tersebut ditranfer langsung ke rekening masing-masing muallaf dengan nominal bantuan bervariasi mulai Rp3 juta hingga Rp25 juta,” kata Anggota Badan BMA, Dr A Rani Usman, MSi, Jumat (29/12/2023)

Ia mengatakan setiap tahunnya BMA menganggarkan bantuan untuk kelompok muallaf itu baik dalam bentuk beasiswa, pemberdayaan ekonomi, pembinaan syariah maupun santunan muallaf baru bagi mareka yang baru ikrar syahadat sebagai muslim.

“Bantuan muallaf berdaya ini bertujuan untuk membantu memperkuat pemahaman keagamaan dan ekonomi keluarga muallaf dengan akses modal usaha,” kata A Rani.

A Rani menjelaskan sasaran dari program tersebut adalah pemberdayaan ekonomi, pembinaan syariah, pendidikan, rehab rumah dan santunan untuk muallaf baru. Sehingga diharapkan akan terbantunya muallaf yang baru memeluk Islam dalam memperkuat pemahaman keagamaan dan juga dalam memperoleh modal usaha, pendidikan, pembinaan Syari’ah dan rumah layak huni.

Ia menambahkan Pemerintah Aceh melalui BMA memberikan perhatian khusus kepada muallaf sebagai salah satu asnaf yang secara spesifik disebutkan sebagai kelompok penerima zakat. 

“Semoga dengan bantuan tersebut para muallaf akan lebih tenang dan nyaman dalam menjalankan kewajiban ibadahnya sebagai umat muslim dan secara ekonomi menjadi mustahik yang mandiri dan produktif,” ungkap A Rani.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Amirullah SE MSi Ak menjelaskan menjelaskan dengan penyaluran dana zakat secara efektif dan tepat sasaran, maka diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan umat Muslim dan masyarakat secara keseluruhan. 

“Selain itu juga akan membantu pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan di Aceh,” kata Amirullah.

Ia juga mengajak masyarakat Aceh yang hartanya sudah sampai haul dan mencapai nisab, untuk menyetorkan zakatnya ke Baitul Mal Aceh, yaitu melalui rekening zakat 61001040000095 (Bank Aceh Syariah) dan 7001569494 (Bank Syariah Indonesia)

Sedangkan yang ingin menyalurkan infak bisa melalui no rekening 61001040001311 (Bank Aceh Syariah) dan 8202020882 (Bank Syariah Indonesia).

“Tentunya tak lupa pula kami mengucapkan terimakasih kepada yang telah menyetorkan zakat dan infaknya melalui Baitul Mal Aceh. Semoga berkah hartanya dan semakin banyak pula mustahik yang bisa dibantu,” pungkas Amirullah.

Reporter: Murdani

Tags: