Operator Gampong Se-Kota Sabang Dilatih Pendataan Mustahik

  • Share this:
post-title

Sabang, baitulmal.acehprov.go.id - Baitul Mal Aceh (BMA) bersama Yayasan Aceh Hijau dan Baitul Mal Kota Sabang menggelar "Pelatihan Manajemen dan Operasional Database Terintegrasi pada BMA dan BMK" di Kota Sabang pada Kamis (27/10/2023). Pelatihan yang diikuti oleh 18 operator dari seluruh gampong di Kota Sabang ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operator dalam menginput data calon mustahik.

Dalam sambutannya, Anggota Badan BMA, Khairina, ST., menyampaikan tentang pentingnya membangun basis data dalam menyusun perencanaan program sosial di Baitul Mal.

"Selama ini kita selalu membuat program, baru mencari data. Ke depan, kita harapkan dari data yang tersedia bisa melahirkan program-program yang tepat sasaran dan sesuai kebutuhan," kata Khairina.

Khairina juga menambahkan bahwa pelatihan ini menjadi langkah awal dalam meningkatkan efektivitas perencanaan program yang matang, sehingga bisa berdampak pada pengentasan kemiskinan, terutama kemiskinan ekstrem.

Sebelumnya, menurut Sri Ramadhani dari Yayasan Aceh Hijau, telah diadakan juga pelatihan serupa di Bireuen yang diikuti oleh masing-masing dua operator dari BMK Aceh Utara, BMK Bireuen, BMK Aceh Tengah, dan 10 operator gampong masing-masing dari Aceh Utara dan Bireuen. Sedangkan pelatihan di Banda Aceh diikuti BMK Banda Aceh, BMK Aceh Besar, BMK Sabang, dan 10 operator gampong dari Aceh Besar. Di samping itu, ada tiga operator pendamping dari Yayasan Aceh Hijau.

"Dengan pelatihan di Sabang hari ini, berarti total yang sudah dilatih dalam pilot project tahun ini adalah 71 operator database," ungkap Sri.

Pemberi materi pelatihan kali ini adalah Tenaga Profesional BMA, Bobby Novrizan. Ia memperkenalkan sistem database Baitul Mal; cara penginputan data calon mustahik; dan cara validasi data calon mustahik.

BMA dan Yayasan Aceh Hijau menargetkan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan operator BMA, BMK, dan gampong dalam menginput data calon mustahik dan sekaligus menvalidasinya. Dengan data yang akurat, bantuan yang diberikan oleh Baitul Mal dapat tepat sasaran dan sesuai kebutuhan mustahik.

Reporter: Juliani
Editor: Arif Arham

Tags: